Rabu, 02 September 2020

Posted by Gie2020 On 20.00

 Materi Kerjasama Bilateral

kelas X 2020

Manusia tidak akan bisa hidup mandiri tanpa ada campur tangan dari manusia lain. Setiap manusia pasti akan hidup bermasyarakat, meskipun hanya dengan beberapa orang saja. Maka dari itulah pilihan untuk hidup bermasyarakat pun tidak bisa ditolak. Selain individu, yang bisa hidup bermasyarakat adalah negara. Negara juga akan hidup bermasyarakat dengan negara lain. Suatu negara mustahil akan bisa menghidupi rakyatnya tanpa ada campur tangan dari negara lain. Ada banyak kebutuhan yang tidak bisa dicukupi oleh suatu negara dan harus mengimpor dari negara lain. seperti misalnya kita mengimpor batubara Ada banyak sekali hubungan yang dilakukan suatu negara dengan negara lain, seperti perdagangan antar negara, kerjasama dalam bidang politik, kerjasama dalam bidang teknologi, kerjasama dalam bidang pendidikan, dan lain sebagainya. Hal ini kerap kali dan bahkan tidak bisa dihindari oleh suatu negara manapun. Kerjasama antar negara bisa bisa dibedakan ke dalam beberapa macam.

Macam- macam Kerjasama antar Negara

Kerjasama antar negara dapat dibedakan menjadi berbagai macam apabila dilihat dari beberapa karakteristik. Beberapa karakteristik yang menggolongkan kerjasama antar negara antara lain dari segi wilayah, dan dari segi jumlah anggotanya. Supaya lebih jelas, berikut ini merupakan jenis- jenis kerjasama antar negara:

Dari segi wilayahnya, kerjasama antar negra dibedakan atas:

·         Kerjasama regional, yaitu kerjasama yang dilakukan oleh negara- negara yang berada di kawasan satu rumpun. Misalnya kerjasama yang dilakukan oleh negara- negara di kawasan Asia Tenggara.

·         Kerjasama Internasional, yaitu kerjasama yang dilakukan oleh julukan negara- negara di dunia tanpa mengenal batasan wilayahnya.

Berdasarkan jumlah anggotanya, kerjasama antar negara dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain sebagai berikut:

·         Kerjasama bilateral, yaitu kerjasama yang dilakukan antar 2 negara saja.

·         Kerjasama multilateral, yaitu bentuk kerjasama antar negara yang dilakukan oleh beberapa negara yang jumlahnya lebih dari 2 negara

Nah itulah penggolongan dari kerjasama antar negara yang sering dilakukan oleh negara- negara di dunia. Penggolongan tersebut hanya menurut kategori jumlah anggotanya dan juga wilayah negara yang melakukan kerjasama. Pada kesempatan kali ini kita akan mengetahui lebih dalam mengenai salah satu bentuk kerjasama antar negara, yakni kerjasama bilateral.

 

Pengertian Kerjasama Bilateral

Kerjasama antar negara salah satunya dibedakan berdasarkan jumlah anggota dari kerjasama tersebut dan salah satu jenisnya adalah kerjasama bilateral. Bilateral sendiri berasal dari kata “bi” yang artinya dua, sehingga dapat dikatakan bahwa bilateral merupakan kerjasama antara dua negara. Asal negara anggota dalam kerjasama bilateral ini tidak dikhususkan. Hal ini karena kerjasama bilateral sifatnya jauh lebih pribadi daripada kerjasama lainnya, karena hanya melibatkan dua negara. Ada banyak sekali kerjasama bilateral yang tersebar di seluruh dunia, dan masing- masing kerjasama tersebut memiliki tujuan dan maksudnya sendiri berdasarkan kepentingan negara yang melakukan kerjasama tersebut.

Pokok Bahasan Kerjasama Bilateral

Mengenai isi kerjasama antar negara, sebenarnya hal ini tidak bisa dibakukan karena isi perjanjian atau kerjasama merupakan hak dari pihak yang melakukan kerjasama. Dan masing- masing kerjasama internasional pun memiliki bidangnya masing- masing, terlebih untuk kerjasama bilateral. Namun biasanya ada beberapa poin yang menjadi tujuan dalam kerjasama antar negara, khususnya kerjasama bilateral. Beberapa bidang yang biasanya menjadi tujuan kerjasama bilateral antara lain sebagai berikut:

·         Bidang Ekonomi

Kerjasama bilateral yang dilakukan oleh dua negara kebanyakan bergerak dalam bidang ekonomi. Tidak dipungkiri bahwa perekonomian memegang peranan yang sangat penting. Kerjasama bilateral di bidang ekonomi ini contohnya dalam bidang perdagangan, ataupun investasi.

·         Bidang Politik

Selain dalam bidang ekonomi, kerjasama bilateral juga banyak yang bergerak dalam bidang politik. Bidang politik sangat erat kaitannya dengan pemerintahan. Indonesia pun juga melakukan kerjasama di bidang politik dengan negara lain.

·         Bidang Militer

Militer merupakan bidang angkatan bersenjata. Dua negara banyak yang melakukan kerjasama di bidang ini. Selain untuk melengkapi alat persenjataan, juga untuk melatih tentara bersenjata. Untuk membentuk kekuatan militer, hendaknya suatu negara menjalin hubungan dengan negara yang memiliki kekuatan militer terkuat di dunia.

·         Bidang Teknologi dan Transportasi

Bidang teknologi dan transportasi pun tidak luput dari tujuan diadakannya kerjasama bilateral. Sebagai contoh adalah kerjasama Indonesia dengan Jepang yang kemudian membangun kereta cepat di Indonesia dengan melibatkan orang Jepang.

Itulah beberapa bidang yang biasa menjadi tujuan utama dalam suatu kerjasama bilateral. Tujuan utama dari kerjasama bilateral ini tentunya adalah menyejahterakan dua negara yang menjadi pelaku kerjasama.

Tujuan Kerjasama Bilateral

Ada banyak sekali tujuan kerjasama bilateral, dan tujuan tersebut disesuaikan dengan kepentingan kedua negara yang menjalin kerjasama. Adapun secara umum tujuan dari kerjasama bilateral adalah memajukan kedua negara yang menjalin kerjasama. Namun tujuan tersebut bisa dijabarkan kembali ke dalam uraian yang lebih rinci. Adapun beberapa tujuan dari kerjasama bilateral antara lain sebagai berikut:

·         Untuk memasarkan produk suatu negara ke negara lainnya

·         Untuk mendapatkan bahan kebutuhan yang diperlukan apabila di negara sendiri tidak memproduksinya

·         Untuk memperoleh investor untuk kemajuan perekonomian suatu negara

·   Untuk memperoleh ilmu teknik militer yang lebih maju

·         Untuk menjalin persahabatan dengan negara lain (mempererat hubungan dengan negara lain)

Itulah beberapa tujuan melakukan kerjasama bilateral. Tujuan- tujuan lain yang lebih khusus disesuaikan dengan kepentingan masing- masing negara anggota yang melakukan perjanjian.

Manfaat Kerjasama Bilateral

Setiap hubungan dengan pihak lain pasti akan membawa dampak positif. Setiap dampak positif kita rasakan sebagai manfaat. Seperti halnya dengan kerjasama internasional lainnya, kerjasama bilateral merupakan hubungan yang dapat mendatangkan banyak manfaat. Beberapa manfaat yang akan kita dapatkan dari kerjasama bilateral antara lain sebagai berikut:

·         Menambah keuntungan negara

Salah satu manfaat kerjasama bilateral adalah bertambahnya keuntungan negara. Hal ini jelas terjadi karena negara dapat memperkenalkan produk yang dihasilkan dalam negerinya kepada negara- negara tetangga yang menjadi anggota dalam kerjasama tersebut. Dengan demikian suatu negara bisa menjalin hubungan perdagangan yang lebih banyak lagi dengan pasar yang lebih luas. Dengan demikian keuntungan yang bisa didapatkan akan lebih banyak.

·         Mempererat hubungan antar negara

Selain menambah keuntungan negara, manfaat kerjasama bilateral yang lainnya adalah mempererat hubungan antar negara. Hubungan antar negara ini seperti halnya hubungan persahabatan. Dengan menjalin kerjasama antar negara maka akan semakin banyak peluang bagi suatu negara untuk meningkatkan berbagai hubungan lainnya diluar hubungan kerjasana tersebut. Apabila suatu negara sedang dilanda musibah, seperti bencana tsunami dan jenis gempa bumi maka negara yang lain pun bisa memberikan bantuan.

·         Memasarkan produk dalam negeri

Seperti halnya poin teratas, manfaat kerjasama bilateral antara lain adalah untuk memasarkan produk yang dibuat lokal oleh suatu negara. Kerjasama antar negara bisa menjadi ajang promosi untuk meperkenalkan produk lokal dalam negeri supaya dikenal oleh masyarakat yang lebih luas. Dengan demikian produk lokal kita akan lebih dikenal dan kemungkinan daya jualnya juga akan lebih tinggi di masyarakat luas.

·         Meningkatkan kesejahteraan ekonomi

Manfaat lain dari kerjasama bilateral adalah meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Dengan melakukan kerjasama bilateral, maka kita bisa lebih mudah mendapatkan barang- barang yang tidak diproduksi di dalam negeri untuk kemudian dikonsumsi di dalam negeri. Hal ini akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi suatu negara.

·         Mudah mendapatkan pinjaman keuangan

Kerjasama bilateral di bidang moneter akan memudahkan suatu negara mendapatkan pinjaman keuangan apabila sedang membutuhkan. Hal ini karena memang organisasinya bergerak dalam bidang moneter.

·         Meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi

Kerjasama bilateral akan meningkatkan ilmu pengetahuan dan juga teknologi. Dengan sering berkumpul dan sharing, maka suatu negara akan bisa mencontoh negara lain dalam bidang ilmu pengetahuan dan juga teknologi supaya lebih maju dan juga lebih modern.

Itulah beberapa manfaat yang akan kita peroleh apabila kita melakukan kegiatan kerjasama antar negara khusunya kerjasama bilateral.

Contoh Kerjasama Bilateral

Ada banyak sekali contoh kerjasama bilateral yang ada di dunia ini, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1.     Kerjasama Indonesia dengan Jepang

Kerjasama bilateral ada banyak sekali contohnya di dunia. Kerjasama bilateral ini bersifat pribadi antara dua negara. Setiap negara pasti melakukan kerjasama dengan negara lain, seperti halnya Indonesia. Indonesia melakukan kerjasama dengan pemerintah Jepang. Salah satu kerjasama ini dalam bidang teknologi transportasi. Belum lama Indonesia memiliki kereta cepat seperti Shinkanshen di Jepang. Teknologi yang dicontoh pun juga dari Jepang dan teknisi utamanya didatangkan langsung dari Jepang.

2.    Kerjasama Indonesia dengan Brunei Darussalam

Kerjasama bilateral Indonesia dengan negara Brunei Darussalam terjadi dalam bidang Ekspor- Impor. Indonesia mengekspor berbagai bahan seperti sayuran, buah- buahan, pakaian jadi dan kendaraan ke Brunei. Indonesia jga mengirimkan tenaga pengajar ahli ke Brunei, sementara Brunei sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia, mengekspor Minyak Bumi nya ke Indonesia.

Categories:

71 komentar:

  1. Fellasia Emira Balqis
    X MIPA 2

    1. Hubungan bilateral merupakan jenis kerjasama yang terdiri dari dua negara. Pada umumnya hubungan bilateral yang terjalin antara kedua negara yang berbeda adalah dibidang politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara yang menjalin hubungan bilateral. Umumnya hubungan internasional dilakukan secara bilateral, contohnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antar negara.

    2. Hubungan antara Indonesia dan Malaysia beberapa kali mengalami pasang surut. Sebagai dua negara yang bertetangga, bahkan sering disebut negara serumpun, potensi kerjasama maupun potensi konflik antar dua negara tersebut besar.
    -Hubungan kerjasamanya
    a. Bidang pendidikan: Dalam bidang pendidikan, antara Indonesia dan Malaysia menjalin hubungan dengan mengadakan pertukaran pelajar setiap tahunnya.
    b. Bidang ekonomi: Banyaknya investor-investor dari Malaysia yang berinvestasi di Indonesia telah membantu pemerintah Indonesia di dalam mengentaskan pengangguran. Investor dari Malaysia banyak menanamkan investasinya dalam industri perkebunan kelapa sawit. Hal ini tentu menguntungkan bagi kedua belah pihak.

    BalasHapus
  2. Naila Belvashana Lauda
    19 / X Mipa 1


    1. Analisis Pengertian Bilateral :

    Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya hubungan di bidang politik, budaya dan ekonomi di antara dua negara.
    Mayoritas hubungan internasional dilakukan secara bilateral.


    2. Menganalisis Kerjasama Bilateral Indonesia dengan Kamboja :

    Hubungan Indonesia dengan Kamboja mengacu pada hubungan bilateral Kerajaan Kamboja dan Republik Indonesia. Kamboja memiliki kedutaan besar di Jakarta, sementara Indonesia memiliki kedutaan besar di Phnom Penh. Sejak hubungan diplomatik dirintis pada tahun 1960 an. Indonesia selalu mendukung perdamaian dan stabilitas di Kamboja. Indonesia menyediakan pasukan untuk Otoritas Transisi PBB di Kamboja pada tahun 1992, dan pada tahun 1999 Indonesia mendukung keanggotaan Kamboja di ASEAN. Kamboja menghargai Indonesia yang secara konsisten telah membantu Kamboja, terutama dalam peningkatan kapasitas.

    Indonesia dan Kamboja sepakat untuk memperat hubungan bilateral kedua negara, khususnya di bidang perdagangan dan investasi, pariwisata dan kerja sama regional.

    BalasHapus
  3. 1,Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya, dan ekonomi di antara 2 Negara.
    Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral. Misalnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antarnegara.
    2,Hubungan Bilateral Indonesia-Jepang
    Dalam bentuk kerjasama
    Hubungan Perekonomian Indonesia - Jepang
    Perdagangan
    Bagi Indonesia, Jepang merupakan negara mitra dagang terbesar dalam hal ekspor-impor Indonesia. Ekspor Indonesia ke Jepang bernilai US $ 23,6 milyar (statistik Pemerintah RI), sedangkan impor Indonesia dari Jepang adalah US $ 6,5 milyar sehingga bagi Jepang mengalami surplus besar impor dari Indonesia
    Yang memudahkan negara indonesia

    BalasHapus
  4. Muchammad ulil albab el hanif
    X MIPA 2
    1,Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya, dan ekonomi di antara 2 Negara.
    Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral. Misalnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antarnegara.
    2,Hubungan Bilateral Indonesia-Jepang
    Dalam bentuk kerjasama
    Hubungan Perekonomian Indonesia - Jepang
    Perdagangan
    Bagi Indonesia, Jepang merupakan negara mitra dagang terbesar dalam hal ekspor-impor Indonesia. Ekspor Indonesia ke Jepang bernilai US $ 23,6 milyar (statistik Pemerintah RI), sedangkan impor Indonesia dari Jepang adalah US $ 6,5 milyar sehingga bagi Jepang mengalami surplus besar impor dari Indonesia (tahun 2007)
    Yang memudahkan negara indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Helmi Pranadya Hermon
      Kelas : X IPS 1

      - Analisis pengertian bilateral -

      BILATERAL adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.

      - Menganalisis Kerjasama Bilateral Indonesia dengan Australia -

      Hubungan Indonesia-Australia telah terjalin sejak awal kemerdekaan Indonesia. Australia merupakan salah satu negara yang memberikan dukungan politis terhadap perjuangan rakyat dan bangsa Indonesia meraih kemerdekaannya. Australia juga merupakan salah satu negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

      Berbagai interaksi yang melibatkan menteri maupun pejabat kedua negara menunjukkan luasnya cakupan hubungan, kerja sama, dan kemitraan Indonesia dan Australia, termasuk di bidang ekonomi, pertahanan, hukum, pendidikan, pertanian, transportasi, maupun bidang-bidang lainnya.
       
      Dalam bidang ekonomi, perdagangan dan investasi kedua negara terus meningkat, dengan nilai perdagangan pada tahun 2013 tercatat mencapai US$ 11 milyar Saat ini kedua negara tengah membahas Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership (IACEPA) yang diharapkan akan menjadi kerangka bagi pengembangan dan perluasan hubungan ekonomi kedua negara.

      Selain dalam kerangka bilateral, hubungan Indonesia-Australia juga terjalin dalam berbagai forum regional dan global. Kemitraan Indonesia dalam forum seperti ASEAN Plus, ARF, EAS, IORA, Bali Process, APEC, G20, dan PBB telah menunjukkan kontribusi kedua negara dalam upaya mewujudkan perdamaian dan kemakmuran kawasan dan global.

      Hapus
  5. ┊┊┊┊ ° * . . * * .
    ┊┊┊☆ •  ✦ °
    ┊┊🌙✦
    ┊┊ 🌙 * .
    ┊☆  ° * . . * * . ✦
    🌙 * * .
    Nama : Arvina Ratu Devi
    Kelas : X IPS 2

    • Pengertian BILATERAL

    Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.

    • Contoh kerjasama BILATERAL antara indonesia dengan Malaysia.

    Bidang ekonomi
    Banyaknya investor-investor dari Malaysia yang berinvestasi di Indonesia telah membantu pemerintah Indonesia di dalam mengentaskan pengangguran. Investor dari Malaysia banyak menanamkan investasinya dalam industri perkebunan kelapa sawit. Hal ini tentu menguntungkan bagi kedua belah pihak. Selain itu, di Malaysia juga banyak di tempatkannya Tenaga Kerja dari Indonesia yang bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT), petugas medis, pekerja bangunan serta tenaga profesional lainnya.

    BalasHapus
  6. Nama:Muhammad nur hafidz iskandar
    Kelas:x ips 2

    Pengertian bilateral: Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.

    Contoh kerjasama bilateral antara indonesia dengan malaysia: Bidang ekonomi
    Banyaknya investor-investor dari Malaysia yang berinvestasi di Indonesia telah membantu pemerintah Indonesia di dalam mengentaskan pengangguran. Investor dari Malaysia banyak menanamkan investasinya dalam industri perkebunan kelapa sawit. Hal ini tentu menguntungkan bagi kedua belah pihak. Selain itu, di Malaysia juga banyak di tempatkannya Tenaga Kerja dari Indonesia yang bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT), petugas medis, pekerja bangunan serta tenaga profesional lainnya.

    BalasHapus
  7. Nama:Dinda ulyani assidiqi
    Kelas. : X MIPA 2


    1.pengertian bilateral

    Hubungan bilateral ( bilateral relations atau bilateralism) adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.

    Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral. Misalnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antarnegara. Alternatif dari hubungan bilateral adalah hubungan multilateral; yang melibatkan banyak negara, dan unilateral; ketika satu negara berlaku semaunya (freewill).

    2. Kerjasama bilateral Indonesia dengan China

    Perdagangan internasional pada zaman yang serba cepat ini secara tidak langsung mendorong terjadinya globalisasi. Globalisasi ini terjadi seiring berkembangnya zaman ditandai dengan berkembangnya inovasi baru mengenai teknologi informasi, politik, keuangan, perdagangan serta investasi. Ini merupakan salah satu modal yang penting bagi suatu negara untuk menarik investor agar mau masuk dan berinvestasi di negara tersebut. Hubungan kerjasama ini dapat terjalin apabila mendapat dukungan baik dari berbagai sisi baik dari aspek ekonomi, politik, sosial, budaya dan lingkungan di dalam sebuah negara maka, bukan masalah yang besar bagi suatu negara untuk mengembangkan perekonomian negara tersebut ke arah yang lebih baik.
    Terdapat 8 bidang Perjanjian kerjasama yang dilakukan oleh Indonesia dan China.

    Terdapat 8 MoU yang ditandatangani, yakni :
    1. Nota kesepahaman kerja sama ekonomi antara Kemenko Perekonomian RI dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT,
    2.Nota kesepahaman kerja sama Proyek Pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung antara Kementerian BUMN dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT.
    3.Nota Kesepahaman kerja sama maritim dan SAR antara Basarnas dan Kementerian Transportasi RRT.
    4. Kerja sama antara Protokol Persetujuan antara Pemerintah RRT dan RI dalam pencegahan pengenaan pajak ganda kedua negara.
    5.Kerangka Kerja Sama Antariksa 2015-2020 antara Lapan dan Lembaga Antariksa RRT.
    6.Nota kesepahaman kerja sama saling dukung antara Kementerian BUMN dan Bank Pembangunan China Pembangunan.
    7.Nota kesepahaman antara pemerintah RRT dan RI dalam pencegahan pengenaan pajak ganda kedua negara dan
    8.Nota kesepahaman kerja sama bidang industri dan infrastruktur antara Kementerian BUMN dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT.
    Menurut saya dengan adanya hubungan kerjasama yang terjalin antara dua negara ini maka kedua negara akan saling bergantungan satu sama lain baik dari segi ekonomi , politik , sosial, budaya ,transportasi, telekomunikasi dll dan dapat menghasilkan kejasama yang saling menguntungkan bagi kedua negara.

    BalasHapus
  8. NAMA= SONI SASRISTOPA
    KELAS= X MIPA2


    Bilateral adalah hubungan antara dua negara yang tujuannya saling menguntungkan kedua belah pihak. Istilah bilateral biasanya diaplikasikan pada persoalan politik, ekonomi dan keamanan antar dua negara. Dapat terjadi bila kedua negara memiliki hubungan diplomatik dan saling menempatkan wakilnya di tiap-tiap negara.


    HUBUNGAN INDONESIA DAN IRAK

    hubungan indonesia irak mengacu pada hubungan bilateral antara indonesia dan irak. hubungan diplomatik antara indonesia dan irak penting karena keduanya sama sama merupakan negara mayoritas muslim. indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia, sementara irak juga bangsa mayoritas muslim. hubungan diplomatik pada tahun 1950. indonesia memiliki kedutaan besar di baghdad, sementara irak memiliki kedutaan besar di jakarta. kedua negara adalah anggota gerakan NON BLOK dan organisasi kerja sama islam.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. 一 ꦼ𖥻🌔✨ ❝ RAESHA BAYKA PUTRI - X MIPA 2 ❞ „ ↴     
    Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara. Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral.


    HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA DAN NEGARA LAIN.
    1. Hubungan Bilateral Indonesia dan Arab Saudi (Agama)
    Kerjasama saling menguntungkan yang terjadi antara dua negara ini adalah di bidang keagamaan dan ekonomi.
    Untuk urusan agama, Indonesia bekerjasama dalam urusan haji warga Indonesia.
    Karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam dan setiap tahunnya pasti menunaikan ibadah haji ke Mekkah Arab Saudi.

    2. Hubungan Bilateral Afghanistan dan India (Pendidikan)
    Memiliki kultur budaya dan bahasa yang cenderung mirip, dua negara ini memutuskan melakukan kerjasama pendidikan untuk jangka panjang.
    Mereka melakukan pertukaran pelajar guna mempelajari banyak hal di masing-masing negara. Kerjasama ini sangat berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan dari kedua negara tersebut.

    3. Hubungan Bilateral Sri Langka dan China (Wisata dan Ekonomi).
    Walau letak negara ini berjauhan, namun kerjasama contoh hubungan internasional bilateral pernah diikrarkan.
    Dimana China menanamkan investasi untuk pengembangan wisat di kawasan Maladewa. Kerjasama ini bersifat jangka panjang dan masih berjalan hingga saat ini.
    China mendapatkan keuntungan besar dari kerjasama ini begitu juga Sri Langka.

    4. Hubungan Bilateral Singapura dan Indonesia ( Ekonomi, Industri).
    Beda dengan China-Sri Langka yang jaraknya jauh namun tetap memiliki hubungan bilateral menguntungkan. Indonesia dan Singapura yang bertetanggaan juga punya hubungan serupa.
    Dimana Singapura banyak berinvestasi pada bidang ekonomi di Indonesia, yang menguntungkan dari segi finansial bagi Singapura dan berbagai aspek bagi Indonesia.

    ⁺       ˚
    .  *     ✦     .      ⁺  
    .⁺       ˚
      *   ✦     .     ⁺   ˚
        ⁺       ⁺ ˚ .  *

    BalasHapus
  11. Nama : HILDA REGITA CAHYANI
    kelas : 10 MIPA 2

    BILATERAL adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya, dan ekonomi di antara 2 Negara.

    Brunei-Indonesia mengacu pada hubungan bilateral antara Kesultanan Brunei Darussalam dan Republik Indonesia. Brunei memiliki kedutaan besar di Jamarta, sementara Indonesia memiliki kedutaan besar di Bandar Seri Begawan, Meskipun tidak berbagi perbatasan darat secara langsung, Indonesia dan Brunei berbagi pulau Kalimantan. Karena hubungan diplomatik yang dibangun kembali pada tahun 1984, kedua negara menikmati hubungan yang hangat dan ramah.

    Hubungan Brunei dengan Indonesia adalah Hubungan keseluruhan antara kedua negara berjalan dengan baik dan bahwa kedua belah pihak terus menikmati hubungan yang kuat dalam spektrum yang luas dari kerjasama operasi; termasuk
    - - perdagangan dan investasi, pariwisata, pertanian, kelautan dan perikanan, kesehatan, pertahanan, kejahatan transnasional, pendidikan, kepemudaan, kebudayaan dan kontak orang per orang.
    -
    - - Brunei dan Indonesia menghasilkan Nilai total perdagangan antara Indonesia dan Brunei Darussalam pada tahun 2008 mencapai US$ 2,476 milyar, naik dari total perdagangan tahun 2007, yaitu sejumlah US$ 1,9 milyar. Pertumbuhan pendapatan kedua negara karena hubungan yang terjalin terus meningkat setiap tahunnya. Diatas 10% setiap tahunnya.

    BalasHapus
  12. ❁꫶ཻུ۪۪᭭⃟ ⃟🐟 NAILATASYA RAMADHANI ༄⸼۪🐠˟̫ː

    1. Hubungan Bilateral Indonesia dan Arab Saudi (Agama)

    Kerjasama saling menguntungkan yang terjadi antara dua negara ini adalah di bidang keagamaan dan ekonomi.

    Untuk urusan agama, Indonesia bekerjasama dalam urusan haji warga Indonesia.

    Karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam dan setiap tahunnya pasti menunaikan ibadah haji ke Mekkah Arab Saudi.


    2. Hubungan Bilateral Afghanistan dan India (Pendidikan)

    Memiliki kultur budaya dan bahasa yang cenderung mirip, dua negara ini memutuskan melakukan kerjasama pendidikan untuk jangka panjang.

    Mereka melakukan pertukaran pelajar guna mempelajari banyak hal di masing-masing negara. Kerjasama ini sangat berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan dari kedua negara tersebut.


    3. Hubungan Bilateral Sri Langka dan China (Wisata dan Ekonomi)

    Walau letak negara ini berjauhan, namun kerjasama contoh hubungan internasional bilateral pernah diikrarkan.

    Dimana China menanamkan investasi untuk pengembangan wisat di kawasan Maladewa. Kerjasama ini bersifat jangka panjang dan masih berjalan hingga saat ini.

    China mendapatkan keuntungan besar dari kerjasama ini begitu juga Sri Langka.


    4. Hubungan Bilateral Singapura dan Indonesia ( Ekonomi, Industri)

    Beda dengan China-Sri Langka yang jaraknya jauh namun tetap memiliki hubungan bilateral menguntungkan. Indonesia dan Singapura yang bertetanggaan juga punya hubungan serupa.

    Dimana Singapura banyak berinvestasi pada bidang ekonomi di Indonesia, yang menguntungkan dari segi finansial bagi Singapura dan berbagai aspek bagi Indonesia.

    BalasHapus
  13. • VIVI AMANDA MUHLIS •
    ▪ X IPS 2 ▪

    1. Analisis Pengertian BILATERAL?
    > Hubungan Bilateral merupakan jenis kerjasama yang terdiri dari dua negara. Pada umumnya hubungan bilateral yang terjalin antara kedua negara yang berbeda adalah dibidang politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara yang menjalin hubungan bilateral. Umumnya hubungan internasional dilakukan secara bilateral, contohnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antar negara.

    2. Contoh kerjasama BILATERAL antara indonesia dengan Thailand
    >Hubungan Indonesia dan Thailand telah berlangsung sejak zaman Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Melalui pertukaran peradaban, masyarakat kedua bangsa telah terhubung melalui seni budaya, agama, arsitektur, dan karya sastra. Hubungan diplomatik Indonesia-Thailand berlangsung sejak tanggal 7 Maret 1950. Kerja sama antara kedua negara berlangsung di berbagai bidang seperti ekonomi, perdagangan, iptek, dan budaya. Hubungan ini diperluas lagi dengan adanya saling kunjung antara pemimpin kedua negara.

    BalasHapus
  14. Nama :Farhan Zuhdii
    Kelas:X MIPA 2

    1. Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral. Misalnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antarnegara.

    2.hubungan bilateral Indonesia dan rusia

    Bagi Indonesia, kunjungan Presiden Federasi Rusia, 6 September 2007 memiliki arti strategis dan bersejarah karena merupakan kunjungan Presiden Federasi Rusia pertama ke Indonesia. Dalam kunjungan tersebut, ditandatangani sejumlah Persetujuan bilateral kedua negara di bidang lingkungan hidup, pendidikan, kebudayaan, olahaga dan kepemudaan, investasi, pariwisata, perbankan dan state loan dari pemerintah Rusia kepada pemerintah Indonesia senilai US$1miliar untuk pengadaan alat utama sistem persenjataan produk Rusia.

    Pada tahun 2010 Indonesia dan Rusia merayakan 60 Tahun Hubungan Diplomatik. Berbagai kegiatan diselenggarakan baik di Indonesia maupun di Rusia, seperti:
    Pemberian ucapan selamat kedua kepala negara;
    Rountable discussion: “60 Years Indonesia-Russia Relations, Achievements, Opportunities and Challenges” pada bulan April 2010 di Moskow;
    Kunjungan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI ke Rusia bulan Mei 2010;
    Festival Budaya Indonesia Tim Kesenian Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI, DKI Jakarta dan DI Yogyakarta pada bulan Mei 2010 di tiga kota Rusia (Moskow, Tver dan St. Petersburg);
    Pagelaran budaya Indonesia Tim Kesenian Sumatera Utara pada bulan Mei 2010 di Moskow;
    Pameran lukisan Bali karya seniman-seniman Rusia pada bulan April-Mei 2010 di Moskow;
    Think-tank Seminar: “Advancing Indonesia-Russia” pada bulan Juni 2010 di Jakarta;
    Penerbitan buku “Sahabat Lama Era Baru” pada bulan Juni 2010 di Jakarta;
    Indonesian Culinary Week pada bulan Juli 2010 di Moskow;
    Promosi budaya dan ekonomi Sulawesi Utara pada bulan Juli 2010 di Moskow;
    Pemberian penghargaan kepada “Friends of Indonesia” pada bulan Agustus 2010 di Moskow;
    Pagelaran budaya Indonesia Tim Kesenian ISI Bali pada bulan Agustus 2010 di tiga kota Rusia (Moskow, Tula dan Kazan);
    Kunjungan Menteri Perdagangan RI ke Rusia bulan September 2010;
    Business Forum Indonesia-Rusia pada bulan September 2010 di Moskow dan St. Petersburg);
    15) Peluncuran Artistic Stamped Envelop dalam rangka 60 Tahun RI-Rusia pada bulan September 2010 di Moskow;
    Pameran dagang dan Investasi pada bulan Mei dan September 2010 di Moskow;
    Kunjungan Menteri Luar Negeri RI ke Rusia pada bulan Oktober 2010;
    Pagelaran budaya Indonesia Tim Kesenian Sulawesi Selatan pada bulan Oktober 2010 di empat kota Rusia (Vladimir, Moskow, Kazan dan St. Petersburg);
    Penerbitan commemorative cover 60 tahun Hubungan Indonesia-Rusia pada bulan November 2010 di Jakarta;
    Round Table Discussion: “Years End Conference 2010” pada bulan Desember di Moskow.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. MUCHLIS KHOIRUL HUDA
    Kelas:10 IPS 2

    1.Analisis pengertian bilateral

    -hubungan bilateral hanya melibatkan dua negara , karena bi artinya adalah dua jadi maka nya bilateral hanya melibat kan dua negara . Hubungan bilateral (Inggris: bilateral relations atau bilateralism) adalah suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara. Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral. Misalnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antar negara. Alternatif dari hubungan bilateral adalah hubungan multilateral; yang melibatkan banyak negara, dan unilateral; ketika satu negara berlaku semaunya sendiri (freewill).

    2.menganalisis kerjasama bilateral antara indonesia dengan salah satu negara. (boleh indonesia dg malaysia, inggris, china dll) dan tulis hubungan bilateral tersebut di bidang apa. dan menghasilkan apa.

    - Kerja sama internasional adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh suatu negara yang menyangkut aspek bilateral, regional dan internasional untuk mencapai tujuan bersama.

    Negara-negara di seluruh dunia melakukan kerja sama internasional melalui beberapa bentuk yaitu:

    Kerja sama bilateral
    Kerja sama regional
    Kerja sama multilateral
    Kerja sama bilateral
    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bilateral berarti dari dua belah pihak atau antara dua pihak.

    Menurut Cambridge English Dictionary, bilateral adalah situasi di mana dua negara atau organisasi memiliki perjanjian perdagangan atau bekerja bersama untuk mencapai sesuatu. Dalam Pengantar Ilmu Hubungan Internasional (2005) karya Anak Agung Banyu Perwita dan Yanyan Mochamad Yani, hubungan bilateral adalah keadaan yang menggambarkan hubungan timbal balik antara kedua belah pihak yang terlibat dan aktor utama dalam pelaksanaan hubungan bilateral itu adalah negara.
    Dengan demikian, hubungan bilateral mengacu pada hubungan apa pun antara dua pihak.
    Bilateralisme menyangkut hubungan atau kebijakan aksi bersama antara dua pihak.

    Bilateral adalah hubungan antara dua negara yang tujuannya saling menguntungkan kedua belah pihak.

    Istilah bilateral biasanya diaplikasikan pada persoalan politik, ekonomi dan keamanan antar dua negara.

    BalasHapus
  17. Nama : Hasdian nur'aini
    Kelas : X MIPA 2
    Tanggal : 03-09-2020

    1.Pengertian BILATERAL : Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak.biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara. Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral.
    2.Contoh kerjasama BILATERAL antara Indonesia dengan Amerika serikat : Bidang politik keamanan.
    Kerjasama Indonesia dengan Amerika Serikat dalam bidang pertahanan
    menunjukkan hubugan yang cukup baik. Indonesia dan Amerika telah
    mengadakan 200 jenis latihan bersama dan pengiriman 300 personil ke Amerika
    Serikat terutama ke USPACOM (United States Pacific Command) untuk
    mengikuti pelatihan militer dalam kerjasama Army to Army, Navy to Navy serta
    Airman to Airman.
    65 Kunjungan Menteri Pertahanan (MENHAN) Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu ke Amerika Serikat sebagai upaya dalam
    meningkatkan hubungan kerjasama dalam bidang pertahanan kedua negara
    sebagai awal dari kunjungan kerja pada tanggal 7-15 Mei 2015.66 Pada
    kunjungan kerja tersebut, MENHAN melakukan pertemuan dengan Admiral
    Samuel J. sebagai Commander United States Pacific Command (USPACOM)
    dan General Vincent K. Brooks sebagai Commander United States Army Pacific
    (USARPAC) di Hawaii.67 Beberapa agenda yang dibahas dalam pertemuan
    tersebut meliputi:68
    1. Terorisme.
    2. Bencana alam (gempa bumi, erupsi gunung berapi, dan tsunami).
    3. Bencana akibat kelengahan manusia.
    4. Pelanggaran perbatasan.
    5. Wabah penyakit (flu burung, severe acute respiratpry syndrome (SARS),
    Middle East respiratory syndrome (MERS), dan ebola).
    Program Foreign Military Sale (PMS) pada tahun 2014 merupakan salah
    satu bentuk kerjasama Indonesia dengan Amerika Serikat dalam bidang militer
    dengan dikirimnya 5 unit pesawat f-16. Pengiriman 5 unit pesawat tersebut
    merupakan proses pengiriman bertahap sampai tahun 2016.69 Pada tahun 2014
    telah diselenggarakan 5 kali pelatihan anti teror yang di selenggarakan di Amerika Serikat yang diikuti oleh 100 POLRI dari satuan Brimob, Gegana, dan
    Densus 88.70.Dalam kerjasama ini kedua pihak dapat : Membangun kepercayaan,Membangun kapasitas pertahanan,Mendorong kemandirian industri pertahanan.

    BalasHapus
  18. Nama:Putri ayu wandira
    Kelas:10 ips 2
    Tanggal:03-sep-2020


    Hubungan antara Indonesia dan Malaysia beberapa kali mengalami pasang surut. Sebagai dua negara yang bertetangga, bahkan sering disebut negara serumpun, potensi kerjasama maupun potensi konflik antar dua negara tersebut besar.
    →Bidang pendidikan
    Dalam bidang pendidikan, antara Indonesia dan Malaysia menjalin hubungan dengan mengadakan pertukaran pelajar setiap tahunnya.
    →Bidang ekonomi
    Banyaknya investor-investor dari Malaysia yang berinvestasi di Indonesia telah membantu pemerintah Indonesia di dalam mengentaskan pengangguran. Investor dari Malaysia banyak menanamkan investasinya dalam industri perkebunan kelapa sawit. Hal ini tentu menguntungkan bagi kedua belah pihak. Selain itu, di Malaysia juga banyak di tempatkannya Tenaga Kerja dari Indonesia yang bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT), petugas medis, pekerja bangunan serta tenaga profesional lainnya.

    BalasHapus
  19. Ananda maharani
    X mipa 3


    •PENGERTIAN BILATERAL
    Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara. Hubungan bilateral atau multilateral juga berlaku untuk Negara yang bekerjasama dengan sebuah Organisasi besar dunia dalam berbagai bidang.

    •Hubungan antara indonesia dan filiphina
    (Bidang ekonomi)

    ~Kerjasama antar Kota Davao dengan Bitung
    Kerjasama ini merupakan kerjasama yang melibatkan daerah Davao dengan Bitung.Kota Bitung berada di Sulawesi Utara yang dimana cukup berdekatan dengan Filipina bagian selatan terutama Kota Davao.Kerjasama ini menunjangkan rute Roll-on/Roll-off (RoRo).Kerjasama ini berguna untuk mendorong ekonomi bilateral dan mengintensifikasi konektivitas khususnya rute tersebut.

    ~ZEE
    Kerjasama yang lainnya adalah melakukan perjanjian deliminasi batas zona ekonomi ekslusif (ZEE) antara negara Filipina dan Indonesia.Tujuan kerjasama ini adalah penyelesaian perbatasan lautan Indonesia dengan Filipina agar tidak ada saling mencuri ikan/illegal fishing.

    BalasHapus
  20. Sulastri nugraha
    X MIPA 3



    1.pengertian bilateral

    Hubungan bilateral ( bilateral relations atau bilateralism) adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.

    Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral. Misalnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antarnegara. Alternatif dari hubungan bilateral adalah hubungan multilateral; yang melibatkan banyak negara, dan unilateral; ketika satu negara berlaku semaunya (freewill).

    2. Kerjasama bilateral Indonesia dengan China

    Perdagangan internasional pada zaman yang serba cepat ini secara tidak langsung mendorong terjadinya globalisasi. Globalisasi ini terjadi seiring berkembangnya zaman ditandai dengan berkembangnya inovasi baru mengenai teknologi informasi, politik, keuangan, perdagangan serta investasi. Ini merupakan salah satu modal yang penting bagi suatu negara untuk menarik investor agar mau masuk dan berinvestasi di negara tersebut. Hubungan kerjasama ini dapat terjalin apabila mendapat dukungan baik dari berbagai sisi baik dari aspek ekonomi, politik, sosial, budaya dan lingkungan di dalam sebuah negara maka, bukan masalah yang besar bagi suatu negara untuk mengembangkan perekonomian negara tersebut ke arah yang lebih baik.
    Terdapat 8 bidang Perjanjian kerjasama yang dilakukan oleh Indonesia dan China.

    Terdapat 8 MoU yang ditandatangani, yakni :
    1. Nota kesepahaman kerja sama ekonomi antara Kemenko Perekonomian RI dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT,
    2.Nota kesepahaman kerja sama Proyek Pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung antara Kementerian BUMN dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT.
    3.Nota Kesepahaman kerja sama maritim dan SAR antara Basarnas dan Kementerian Transportasi RRT.
    4. Kerja sama antara Protokol Persetujuan antara Pemerintah RRT dan RI dalam pencegahan pengenaan pajak ganda kedua negara.
    5.Kerangka Kerja Sama Antariksa 2015-2020 antara Lapan dan Lembaga Antariksa RRT.
    6.Nota kesepahaman kerja sama saling dukung antara Kementerian BUMN dan Bank Pembangunan China Pembangunan.
    7.Nota kesepahaman antara pemerintah RRT dan RI dalam pencegahan pengenaan pajak ganda kedua negara dan
    8.Nota kesepahaman kerja sama bidang industri dan infrastruktur antara Kementerian BUMN dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT.
    Menurut saya dengan adanya hubungan kerjasama yang terjalin antara dua negara ini maka kedua negara akan saling bergantungan satu sama lain baik dari segi ekonomi , politik , sosial, budaya ,transportasi, telekomunikasi dll dan dapat menghasilkan kejasama yang saling menguntungkan bagi kedua negara.

    BalasHapus
  21. Nama: NABILAH AYU PANGGABEAN
    Kelas:X IPS 1

    1. Analisis Pengertian Bilateral :

    Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya hubungan di bidang politik, budaya dan ekonomi di antara dua negara.
    Mayoritas hubungan internasional dilakukan secara bilateral.


    2. Menganalisis Kerjasama Bilateral Indonesia dengan Kamboja :

    Hubungan Indonesia dengan Kamboja mengacu pada hubungan bilateral Kerajaan Kamboja dan Republik Indonesia. Kamboja memiliki kedutaan besar di Jakarta, sementara Indonesia memiliki kedutaan besar di Phnom Penh. Sejak hubungan diplomatik dirintis pada tahun 1960 an. Indonesia selalu mendukung perdamaian dan stabilitas di Kamboja. Indonesia menyediakan pasukan untuk Otoritas Transisi PBB di Kamboja pada tahun 1992, dan pada tahun 1999 Indonesia mendukung keanggotaan Kamboja di ASEAN. Kamboja menghargai Indonesia yang secara konsisten telah membantu Kamboja, terutama dalam peningkatan kapasitas.

    Indonesia dan Kamboja sepakat untuk memperat hubungan bilateral kedua negara, khususnya di bidang perdagangan dan investasi, pariwisata dan kerja sama regional

    BalasHapus
  22. assalamualaikum wr.wb...
    saya Siti Aisyah dari Kls X ips 1.. ingin mengumpulkan hasil Analisis tentang Bilateral.

    1.ANALISIS PENGERTIAN BILATERAL :
    Bilateral adalah hubungan antara dua negara yang tujuannya saling menguntungkan kedua belah pihak. Istilah bilateral biasanya diaplikasikan pada persoalan politik, ekonomi dan keamanan antar dua negara. Dapat terjadi bila kedua negara memiliki hubungan diplomatik dan saling menempatkan wakilnya di tiap-tiap negara.
    Hubungan bilateral (Inggris: bilateral relations atau bilateralism) adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.
    Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral. Misalnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antarnegara. Alternatif dari hubungan bilateral adalah hubungan multilateral yang melibatkan banyak negara, dan unilateral ketika satu negara berlaku semaunya (freewill).

    2. Menganalisis kerjasama BILATERAL antara INDONESIA dengan SINGAPURA :
    Hubungan Indonesia dengan singapura adalah hubungan Bilateral antara Republik Indonesia dengan Republik Singapura. Dari tahun ke tahun, indonesia dan Singapura membina hubungan kunjungan kenegaraan tingkat tinggi. hubungan ini ditandai dengan kerja sama ekonomi yang kuat. dalam beberapa tahun terakhit, singapura secara konsisten menjadi investor asing terbesar di Indonesia. Kerja sama antara Indonesia dan Singapura juga meliputi beberapa bidang, termasuk kesehatan, pertahanan, dan lingkungan hidup.
    •>Contoh kerjasama Indonesia -Singapura di bidang ekonomi :
    •kerjasama digital ekonomi, pembangunan kawasan industri serta pembangunan pedidikan dan pelatihan vocasi industri, yang dalam hal ini pihak sinagpura telah mendorong pengembangan industri software melalui 5 technopark yaitu :
    *Bandung technopark;
    *Bali creative industri center;
    *Incubator business center di semarang;
    *Makasar technopark; dan
    *Batam technopark.

    BalasHapus
  23. assalamualaikum wr.wb...
    saya Siti Aisyah dari Kls X ips 1.. ingin mengumpulkan hasil Analisis tentang Bilateral.

    1.ANALISIS PENGERTIAN BILATERAL :
    Bilateral adalah hubungan antara dua negara yang tujuannya saling menguntungkan kedua belah pihak. Istilah bilateral biasanya diaplikasikan pada persoalan politik, ekonomi dan keamanan antar dua negara. Dapat terjadi bila kedua negara memiliki hubungan diplomatik dan saling menempatkan wakilnya di tiap-tiap negara.
    Hubungan bilateral (Inggris: bilateral relations atau bilateralism) adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.
    Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral. Misalnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antarnegara. Alternatif dari hubungan bilateral adalah hubungan multilateral yang melibatkan banyak negara, dan unilateral ketika satu negara berlaku semaunya (freewill).

    2. Menganalisis kerjasama BILATERAL antara INDONESIA dengan SINGAPURA :
    Hubungan Indonesia dengan singapura adalah hubungan Bilateral antara Republik Indonesia dengan Republik Singapura. Dari tahun ke tahun, indonesia dan Singapura membina hubungan kunjungan kenegaraan tingkat tinggi. hubungan ini ditandai dengan kerja sama ekonomi yang kuat. dalam beberapa tahun terakhit, singapura secara konsisten menjadi investor asing terbesar di Indonesia. Kerja sama antara Indonesia dan Singapura juga meliputi beberapa bidang, termasuk kesehatan, pertahanan, dan lingkungan hidup.
    •>Contoh kerjasama Indonesia -Singapura di bidang ekonomi :
    •kerjasama digital ekonomi, pembangunan kawasan industri serta pembangunan pedidikan dan pelatihan vocasi industri, yang dalam hal ini pihak sinagpura telah mendorong pengembangan industri software melalui 5 technopark yaitu :
    *Bandung technopark;
    *Bali creative industri center;
    *Incubator business center di semarang;
    *Makasar technopark; dan
    *Batam technopark.

    BalasHapus
  24. Nama:Hanna Istiqomah
    Kelas:X IPS 1

    1.Pengertian Bilateral

    Hubungan bilateral merupakan jenis kerjasama yang terdiri dari dua negara. Pada umumnya hubungan bilateral yang terjalin antara kedua negara yang berbeda adalah dibidang politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara yang menjalin hubungan bilateral. Umumnya hubungan internasional dilakukan secara bilateral, contohnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antar negara.

    2.Kerjasama bilateral indonesia dengan china

    Menurut Pengamat Hubungan Internasional, Jona Widhagdo Putri, membangun pemahaman masyarakat Indonesia pada kerjasama bilateral Indonesia-China diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan kerja sama kedua negara untuk bersama-sama pulih secara ekonomi dari pandemi covid-19 yang dialami dunia.

    “Dalam tiga tahun terakhir, Investasi China di Indonesia mengalami peningkatan khususnya pada sektor industri logam, industri listrik, dan pembangunan infrastruktur publik. Ekspor produk industri logam juga tetap bergeliat walau pada masa pandemi, hal ini sangat membantu ekonomi Indonesia yang tengah terdampak oleh covid-19,” kata Jona, ditulis Senin (8/6/2020).

    Sebelumnya, kebijakan pelarangan ekspor bijih nikel disebut membawa dampak positif pada meningkatnya investasi China di Indonesia khususnya di bidang industri pengolahan logam, di antaranya dengan pembuatan pabrik peleburan (smelter) yang mengolah bijih nikel menjadi feronikel atau nickel pig iron dan hilirisasi produk turunan lainnya seperti baja nirkarat (stainless steel) yang menambah nilai ekspor produk dari Indonesia secara signifikan.

    Di sisi lain, investasi ini juga turut memicu polemik dengan rencana kedatangan 500 TKA China untuk pembangunan smelter di Kawasan Industri Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara.

    Bagi Jona, yang juga seorang ahli sinologi, dalam tiga tahun terakhir peningkatan investasi China di Indonesia sebagian besar berada pada sektor industri logam, industri listrik dan pembangunan infrastruktur publik, maka dapat dipahami bahwa manajemen dan tim pakar serta teknisi dari China diperlukan untuk penyelesaian pembangunan proyek tersebut.

    BalasHapus
  25. Nama:Muhammad faishal syakir
    Kelas:X MIPA 2
    1. Analisis Pengertian Bilateral :
    Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya hubungan di bidang politik, budaya dan ekonomi di antara dua negara.
    Mayoritas hubungan internasional dilakukan secara bilateral.

    2. Menganalisis Kerjasama Bilateral Indonesia dengan Kamboja :
    Hubungan Indonesia dengan Kamboja mengacu pada hubungan bilateral Kerajaan Kamboja dan Republik Indonesia. Kamboja memiliki kedutaan besar di Jakarta, sementara Indonesia memiliki kedutaan besar di Phnom Penh. Sejak hubungan diplomatik dirintis pada tahun 1960 an. Indonesia selalu mendukung perdamaian dan stabilitas di Kamboja. Indonesia menyediakan pasukan untuk Otoritas Transisi PBB di Kamboja pada tahun 1992, dan pada tahun 1999 Indonesia mendukung keanggotaan Kamboja di ASEAN. Kamboja menghargai Indonesia yang secara konsisten telah membantu Kamboja, terutama dalam peningkatan kapasitas.
    Indonesia dan Kamboja sepakat untuk memperat hubungan bilateral kedua negara, khususnya di bidang perdagangan dan investasi, pariwisata dan kerja sama regional.

    BalasHapus
  26. Nama : Sandrina Tri Zakia Zikra
    Kelas : X MIPA 3


    • `Analisis Pengertian Bilateral`

    BILATERAL adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.


    • `Menganalisis Kerjasama Bilateral Indonesia Dengan Australia`

    Hubungan Indonesia-Australia telah terjalin sejak awal kemerdekaan Indonesia. Australia merupakan salah satu negara yang memberikan dukungan politis terhadap perjuangan rakyat dan bangsa Indonesia meraih kemerdekaannya. Australia juga merupakan salah satu negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

    Berbagai interaksi yang melibatkan menteri maupun pejabat kedua negara menunjukkan luasnya cakupan hubungan, kerja sama, dan kemitraan Indonesia dan Australia, termasuk di bidang ekonomi, pertahanan, hukum, pendidikan, pertanian, transportasi, maupun bidang-bidang lainnya.

    Dalam bidang ekonomi, perdagangan dan investasi kedua negara terus meningkat, dengan nilai perdagangan pada tahun 2013 tercatat mencapai US$ 11 milyar Saat ini kedua negara tengah membahas Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership (IACEPA) yang diharapkan akan menjadi kerangka bagi pengembangan dan perluasan hubungan ekonomi kedua negara.

    Di luar hubungan antarpemerintah, hubungan antarmasyarakat (people-to-people links) Indonesia dan Australia juga semakin meningkat. Lebih dari 17.000 mahasiswa Indonesia belajar di berbagai perguruan tinggi di Australia. Pada saat yang sama, jumlah warga Australia yang mengunjungi Indonesia juga semakin bertambah dari tahun ke tahun baik untuk tujuan wisata, pendidikan, maupun bekerja.

    Selain dalam kerangka bilateral, hubungan Indonesia-Australia juga terjalin dalam berbagai forum regional dan global. Kemitraan Indonesia dalam forum seperti ASEAN Plus, ARF, EAS, IORA, Bali Process, APEC, G20, dan PBB telah menunjukkan kontribusi kedua negara dalam upaya mewujudkan perdamaian dan kemakmuran kawasan dan global.

    BalasHapus
  27. Nama : ADI NUGRAHA
    Kelas : X MIPA 3

    ~Hubungan bilateral merupakan suatu jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Dan biasanya dipakai sebagai sambutan dalam hubungan yang melibatkan hanya dua negara,  secara khusus hubungan politik, ekonomi serta budaya di antara dua negara tersebut.
    Hampir keseluruhan hubungan internasional dilakukan dengan cara bilateral. Sebagai contoh perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, serta kunjungan antar negara.

    ~Kerja sama Indonesia dengan Arab Saudi
    Keja sama ekonomi antara Arab Saudi dan Indonesia juga berada dalam sector perdagangan yang mana lebih mengutamakan potensi dari masing-masing negara. Menteri Perdagangan mengatakan jika Indonesia dan Arab Saudi memiliki hubungan kerja sama yang historis dan terjalin cukup lama, sehingga sudah mengetahui bagaimana keadaan masing- masing negara.
    Arab Saudi juga membantu Indonesia dengan memberi kebutuhan minyak yang cukup. Kurang lebih, sebanyak 34 % minyak yang dikonsumsi oleh Indonesia diimpor langsung dari Arab Saudi. Hal tersebut tentu menguntungkan bagi Arab Saudi, namun yang didapat Indonesia dalam kerja sama bilateral ini juga tidak kurang manfaatnya. Selain berinvestaasi, bekerja sama dalam bidang perdagangan, ekspor dan impor, kunjungan Raja Salman membawa dampak positif ke Indonesia
    Dalam hal ini kerjasama Ekonomi Indonesia-Arab Saudi untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan meningkatkan keuntungan kedua negara.

    BalasHapus
  28. Nama: Putri Ayu Indahsari
    Kelas: X IPS 1


    ┣͡ஓீ͜͜͡҈➣ Pengertian Hubungan BILATERAL

    Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.


    ┣͡ஓீ͜͜͡҈➣ Menganalisis Kerjasama Bilateral Indonesia Dengan Singapura

    Hubungan antara Indonesia dan Singapura purba dimulai sejak masa kerajaan kuno, abad ke-7 wilayah selat di sekitar Singapura adalah bagian dari wilayah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya. Jadi bisa dibilang Indonesia dan Singapura sudah saling kenal sejak lama sekali hingga sekarang, Bahkan kini Singapura menjadi salah satu Investor terbesar bagi Indonesia. Kini Indonesia dan Singapura sedang menjalin hubungan bilateral bagi kedua negara mereka, dan sejak saat itu hubungan mereka semakin membaik dan semakin saling menguntungkan di berbagai bidang.

    Singapura secara konsisten menjadi investor asing terbesar di Indonesia. Pada 7 Oktober 2019 lalu pemerintah Indonesia dan Singapura melakukan pertemuan, sepakat untuk memperpanjang kerjasama antara kedua negara. Perpanjangan kerjasama ini akan dilakukan pada November 2019. Pada kesempatan itu Jokowi juga menawarkan peluang investasi pada Singapura.

    Beberapa proyek infrastruktur ditawarkan Indonesia kepada Singapura. Kedua Negara bersepakat untuk memperkuat kerjasama dibidang pendidikan vokasional, contohnya : operasionalisasi politeknik Kendal dan kegiatan pelatihan bagi para instruktur serta inisiatif RISING (Republic of Indonesia and Singapore).


    Dalam pertemuan Leaders' Retreat antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong di The Istana, Singapura, pada Selasa, 8 Oktober 2019 dicapai beberapa kesepakatan :

    1. Indonesia menyambut baik kesepakatan kedua negara mengenai Framework for Negotiation of FIR Realignment, di mana Indonesia menghargai sikap Singapura yang memahami keinginan Indonesia untuk mengatur ruang udaranya sendiri.

    2. Indonesia dan Singapura juga sepakat untuk memperpanjang kerja sama Bilateral Liquidity Management Arrangement.

    3. kedua pihak menyambut baik perkembangan di Kendal Industrial Park (KIP) dan Nongsa Digital Park.

    4. Indonesia dan Singapura sepakat untuk mendorong penyelesaian proses ratifikasi Bilateral Investment Treaty yang telah ditandatangani bulan Oktober 2018 di Bali.

    5. Indonesia menawarkan sejumlah peluang kerja sama pendanaan proyek infrastruktur, di antaranya proyek kereta api Makassar-Parepare dan lapangan udara di Labuan Bajo.


    Terkait kerja sama dalam bidang pendidikan dan human capital development, Indonesia dan Singapura sepakat menyelenggarakan kegiatan RISING (Republic of Indonesia dan Singapore) Fellowship Programme. Program ini dibiayai oleh Ministry of Foreign Affairs (MFA) of Singapore dan Temasek Foundation Connects. Adapun, dalam pelaksanaanya turut melibatkan Civil Service College, LAN RI dan Kemendagri.

    BalasHapus
  29. Nama: Hanifah Putri Nisdia
    Kelas: X ips 1
    1. Analisis pengertian BILATERAL
    Jawaban: Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.


    2. Menganalisis kerjasama BILATERAL antara Indonesia dengan salah satu negara.
    Jawaban:
    - Kerjasama bilateral Indonesia dengan negara Brunei Darussalam terjadi dalam bidang Ekspor- Impor.
    Indonesia mengekspor berbagai bahan seperti sayuran, buah- buahan, pakaian jadi dan kendaraan ke Brunei. Indonesia jga mengirimkan tenaga pengajar ahli ke Brunei, sementara Brunei sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia, mengekspor Minyak Bumi nya ke Indonesia.

    -kerjasama bilateral indonesia dengan japang.Jepang merupakan negara mitra dagang terbesar dalam hal ekspor-impor Indonesia. Ekspor Indonesia ke Jepang bernilai US$ 23.6 milyar (statistic Pemerintah RI), sedangkan impor Indonesia dari Jepang adalah US$ 6.5 milyar sehingga bagi Jepang mengalami surplus besar impor dari Indonesia (tahun 2007)

    Komoditi penting yang diimpor Jepang dari Indonesia adalah a.l. minyak, gas alam cair, batubara, hasil tambang, udang, pulp, tekstil dan produk tekstil, mesin, perlengkapan listrik, dll. Di lain pihak, barang-barang yang diekspor Jepang ke Indonesia meliputi mesin-mesin dan suku-cadang, produk plastik dan kimia, baja, perlengkapan listrik, suku-cadang elektronik, mesin alat transportasi dan suku-cadang mobil.

    BalasHapus
  30. TUGAS PPKN

    Nama : Shauqi Athallah Putra Rizary
    Kelas : X MIPA 2

    A .Pengertian Bilateral
    Hubungan bilateral (Inggris: bilateral relations atau bilateralism) adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.
    Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral. Misalnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antarnegara. Alternatif dari hubungan bilateral adalah hubungan multilateral; yang melibatkan banyak negara, dan unilateral; ketika satu negara berlaku semaunya (freewill).
    Hubungan bilateral atau multilateral juga berlaku untuk Negara yang bekerjasama dengan sebuah Organisasi besar dunia dalam berbagai bidang. contoh: Spt Indonesia dengan PBB, Indonesia dgn OKI (Organisasi kerjasama Islam), Asia pasific economic community (APEC) DSB. Tidak menutup kemungkinan dimasa mendatang akan terjalin hubungan hubungan baru.

    B. Menganalisis Kerjasama Bilateral antara Indonesia dengan China
    Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke, Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keberagaman maupun hasil kekayaan alam dll. China merupakan negara yang penduduknya terpadat di dunia, sedangkan Indonesia merupakan negara dengan populasi terbesar ke-4 di dunia.
    Agar dapat menjalin hubungan kerjasama antara kedua negara maka kedua negara harus melakukan perdagangan internasional. Hubungan perdagangan internasional merupakan salah satu aspek penting dalam perekonomian bagi setiap negara yang ada di dunia.
    Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menyepakati kerja sama pada delapan bidang. Penandatanganan nota kesepahaman bersama (Memorandum of Understanding/MoU) dilaksanakan di Great Hall of The People oleh para pejabat Indonesia dan Tiongkok dan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Xi Jinping, Kamis (26/3/2015)” kunjungan kenegaraan tersebut diagendakan sebagai kunjungan penting kenegaraan mengingat china merupakan salah satu negara yang memiliki potensi kerjasama yang besar yang dapat meninggkatkan ekonomi Indonesia maupun asia.
    Menurut saya dengan adanya hubungan kerjasama yang terjalin antara dua negara ini maka kedua negara akan saling bergantungan satu sama lain baik dari segi ekonomi , politik , sosial, budaya ,transportasi, telekomunikasi dll dan dapat menghasilkan kejasama yang saling menguntungkan bagi kedua negara.

    BalasHapus
  31. Nama: Arya Dwikuncoro
    Kelas: X Mipa 3

    1.Bilateral adalah hubungan antara dua negara yang tujuannya saling menguntungkan kedua belah pihak. Istilah bilateral biasanya diaplikasikan pada persoalan politik, ekonomi dan keamanan antar dua negara.

    2.Hubungan Bilateral Indonesia-Jepang:
    Hubungan Perekonomian Indonesia - Jepang

    -Investasi
    Investasi langsung swasta dari Jepang ke Indonesia yang menurun sehubungan dengan stagnasi yang dialami perekonomian Indonesia akibat krisis ekonomi yang melanda Asia pada tahun 1997, kini belumlah pulih sepenuhnya, namun Jepang tetap menempati kedudukan penting di antara negara-negara yang berinvestasi di Indonesia.Terdapat kurang lebih 1000 perusahaan Jepang beroperasi di Indonesia . Perusahaan-perusahaan tersebut memperkerjakan lebih dari 32 ribu pekerja Indonesia yang menjadikan Jepang sebagai negara penyedia lapangan kerja nomor 1 di Indonesia

    BalasHapus
  32. Nama: Alya Rahmanda
    Kelas: X MIPA 3

    Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara. Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral.


    HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA DAN NEGARA LAIN.
    1. Hubungan Bilateral Indonesia dan Arab Saudi (Agama)
    Kerjasama saling menguntungkan yang terjadi antara dua negara ini adalah di bidang keagamaan dan ekonomi.
    Untuk urusan agama, Indonesia bekerjasama dalam urusan haji warga Indonesia.
    Karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam dan setiap tahunnya pasti menunaikan ibadah haji ke Mekkah Arab Saudi.

    2. Hubungan Bilateral Afghanistan dan India (Pendidikan)
    Memiliki kultur budaya dan bahasa yang cenderung mirip, dua negara ini memutuskan melakukan kerjasama pendidikan untuk jangka panjang.
    Mereka melakukan pertukaran pelajar guna mempelajari banyak hal di masing-masing negara. Kerjasama ini sangat berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan dari kedua negara tersebut.

    3. Hubungan Bilateral Sri Langka dan China (Wisata dan Ekonomi).
    Walau letak negara ini berjauhan, namun kerjasama contoh hubungan internasional bilateral pernah diikrarkan.
    Dimana China menanamkan investasi untuk pengembangan wisat di kawasan Maladewa. Kerjasama ini bersifat jangka panjang dan masih berjalan hingga saat ini.
    China mendapatkan keuntungan besar dari kerjasama ini begitu juga Sri Langka.

    4. Hubungan Bilateral Singapura dan Indonesia ( Ekonomi, Industri).
    Beda dengan China-Sri Langka yang jaraknya jauh namun tetap memiliki hubungan bilateral menguntungkan. Indonesia dan Singapura yang bertetanggaan juga punya hubungan serupa.
    Dimana Singapura banyak berinvestasi pada bidang ekonomi di Indonesia, yang menguntungkan dari segi finansial bagi Singapura dan berbagai aspek bagi Indonesia.

    BalasHapus
  33. Nama: Yudytha Aisyah Putri
    Kelas:X MIPA 3


    Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara. Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral.


    HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA DAN NEGARA LAIN.
    1. Hubungan Bilateral Indonesia dan Arab Saudi (Agama)
    Kerjasama saling menguntungkan yang terjadi antara dua negara ini adalah di bidang keagamaan dan ekonomi.
    Untuk urusan agama, Indonesia bekerjasama dalam urusan haji warga Indonesia.
    Karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam dan setiap tahunnya pasti menunaikan ibadah haji ke Mekkah Arab Saudi.

    2. Hubungan Bilateral Afghanistan dan India (Pendidikan)
    Memiliki kultur budaya dan bahasa yang cenderung mirip, dua negara ini memutuskan melakukan kerjasama pendidikan untuk jangka panjang.
    Mereka melakukan pertukaran pelajar guna mempelajari banyak hal di masing-masing negara. Kerjasama ini sangat berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan dari kedua negara tersebut.

    3. Hubungan Bilateral Sri Langka dan China (Wisata dan Ekonomi).
    Walau letak negara ini berjauhan, namun kerjasama contoh hubungan internasional bilateral pernah diikrarkan.
    Dimana China menanamkan investasi untuk pengembangan wisat di kawasan Maladewa. Kerjasama ini bersifat jangka panjang dan masih berjalan hingga saat ini.
    China mendapatkan keuntungan besar dari kerjasama ini begitu juga Sri Langka.

    4. Hubungan Bilateral Singapura dan Indonesia ( Ekonomi, Industri).
    Beda dengan China-Sri Langka yang jaraknya jauh namun tetap memiliki hubungan bilateral menguntungkan. Indonesia dan Singapura yang bertetanggaan juga punya hubungan serupa.
    Dimana Singapura banyak berinvestasi pada bidang ekonomi di Indonesia, yang menguntungkan dari segi finansial bagi Singapura dan berbagai aspek bagi Indonesia.

    BalasHapus
  34. Nama: Dini Aulia Anggraini
    Kelas:x MIPA 2

    1.PENGERTIAN BILATERAL
    Bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua belah pihak.Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara.Khususnya suatu hubungan politik,budaya,dan ekonomi di antara dua negara.Kebanyakan hubungan internasional biasanya dilakukan secara bilateral.

    2.HUBUNGAN BILATERAL ANTARA INDONESIA-MALAYSIA
    a)Bidang pendidikan
    Dalam bidang pendidikan, antara Indonesia dan Malaysia menjalin hubungan dengan mengadakan pertukaran pelajar setiap tahunnya.

    b)Bidang ekonomi
    Banyaknya investor-investor dari Malaysia yang berinvestasi di Indonesia telah membantu pemerintah Indonesia di dalam mengentaskan pengangguran. Investor dari Malaysia banyak menanamkan investasinya dalam industri perkebunan kelapa sawit. Hal ini tentu menguntungkan bagi kedua belah pihak. Selain itu, di Malaysia juga banyak di tempatkannya Tenaga Kerja dari Indonesia yang bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT), petugas medis, pekerja bangunan serta tenaga profesional lainnya.

    BalasHapus
  35. TUGAS PPKN

    Nama : Shauqi Athallah Putra Rizary
    Kelas : X MIPA 2

    A .Pengertian Bilateral
    Hubungan bilateral (Inggris: bilateral relations atau bilateralism) adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.
    Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral. Misalnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antarnegara. Alternatif dari hubungan bilateral adalah hubungan multilateral; yang melibatkan banyak negara, dan unilateral; ketika satu negara berlaku semaunya (freewill).
    Hubungan bilateral atau multilateral juga berlaku untuk Negara yang bekerjasama dengan sebuah Organisasi besar dunia dalam berbagai bidang. contoh: Spt Indonesia dengan PBB, Indonesia dgn OKI (Organisasi kerjasama Islam), Asia pasific economic community (APEC) DSB. Tidak menutup kemungkinan dimasa mendatang akan terjalin hubungan hubungan baru.

    B. Menganalisis Kerjasama Bilateral antara Indonesia dengan China
    Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke, Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keberagaman maupun hasil kekayaan alam dll. China merupakan negara yang penduduknya terpadat di dunia, sedangkan Indonesia merupakan negara dengan populasi terbesar ke-4 di dunia.
    Agar dapat menjalin hubungan kerjasama antara kedua negara maka kedua negara harus melakukan perdagangan internasional. Hubungan perdagangan internasional merupakan salah satu aspek penting dalam perekonomian bagi setiap negara yang ada di dunia.
    Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menyepakati kerja sama pada delapan bidang. Penandatanganan nota kesepahaman bersama (Memorandum of Understanding/MoU) dilaksanakan di Great Hall of The People oleh para pejabat Indonesia dan Tiongkok dan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Xi Jinping, Kamis (26/3/2015)” kunjungan kenegaraan tersebut diagendakan sebagai kunjungan penting kenegaraan mengingat china merupakan salah satu negara yang memiliki potensi kerjasama yang besar yang dapat meninggkatkan ekonomi Indonesia maupun asia.
    Menurut saya dengan adanya hubungan kerjasama yang terjalin antara dua negara ini maka kedua negara akan saling bergantungan satu sama lain baik dari segi ekonomi , politik , sosial, budaya ,transportasi, telekomunikasi dll dan dapat menghasilkan kejasama yang saling menguntungkan bagi kedua negara.

    BalasHapus
  36. Nama:Darren Evans Tandayu
    Kelas:X IPS 1

    1.Bilateral adalah hubungan antara dua negara yang tujuannya saling menguntungkan kedua belah pihak. Istilah bilateral biasanya diaplikasikan pada persoalan politik, ekonomi dan keamanan antar dua negara. Dapat terjadi bila kedua negara memiliki hubungan diplomatik dan saling menempatkan wakilnya di tiap-tiap negara.


    2. a. kerjasama indonesia dan australia dalam bidang pertanian dalam suatu wadah organisasi yaiut WGAFC.
    b.kerjasama indonesia dan malaysia dalama hal memberikan perlindungan dibandingkan konvensi buruh migran dan tenaga kerja indonesia.
    c. kerjasama indonesia dan finlandia dalam hubungan perekonomian, perdagangan, dan investasi antara kedua negara

    BalasHapus
  37. Nama:Muhammad Nadzira Wahyu Ramadhan
    kelas:X MIPA 3

    Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara. Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral


    HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA DAN NEGARA LAIN.
    1. Hubungan Bilateral Indonesia dan Arab Saudi (Agama)
    Kerjasama saling menguntungkan yang terjadi antara dua negara ini adalah di bidang keagamaan dan ekonomi.
    Untuk urusan agama, Indonesia bekerjasama dalam urusan haji warga Indonesia.
    Karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam dan setiap tahunnya pasti menunaikan ibadah haji ke Mekkah Arab Saudi.

    2. Hubungan Bilateral Afghanistan dan India (Pendidikan)
    Memiliki kultur budaya dan bahasa yang cenderung mirip, dua negara ini memutuskan melakukan kerjasama pendidikan untuk jangka panjang.
    Mereka melakukan pertukaran pelajar guna mempelajari banyak hal di masing-masing negara. Kerjasama ini sangat berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan dari kedua negara tersebut.

    3. Hubungan Bilateral Sri Langka dan China (Wisata dan Ekonomi).
    Walau letak negara ini berjauhan, namun kerjasama contoh hubungan internasional bilateral pernah diikrarkan.
    Dimana China menanamkan investasi untuk pengembangan wisat di kawasan Maladewa. Kerjasama ini bersifat jangka panjang dan masih berjalan hingga saat ini.
    China mendapatkan keuntungan besar dari kerjasama ini begitu juga Sri Langka.

    4. Hubungan Bilateral Singapura dan Indonesia ( Ekonomi, Industri).
    Beda dengan China-Sri Langka yang jaraknya jauh namun tetap memiliki hubungan bilateral menguntungkan. Indonesia dan Singapura yang bertetanggaan juga punya hubungan serupa.
    Dimana Singapura banyak berinvestasi pada bidang ekonomi di Indonesia, yang menguntungkan dari segi finansial bagi Singapura dan berbagai aspek bagi Indonesia.

    BalasHapus
  38. Nama:Nindi Gustiarni.
    Klas:10mipa2
    1.Bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua belah pihak.Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara.Khususnya suatu hubungan politik,budaya,dan ekonomi di antara dua negara.Kebanyakan hubungan internasional biasanya dilakukan secara bilateral.

    2.HUBUNGAN BILATERAL ANTARA INDONESIA-MALAYSIA
    a)Bidang pendidikan
    Dalam bidang pendidikan, antara Indonesia dan Malaysia menjalin hubungan dengan mengadakan pertukaran pelajar setiap tahunnya.

    b)Bidang ekonomi
    Banyaknya investor-investor dari Malaysia yang berinvestasi di Indonesia telah membantu pemerintah Indonesia di dalam mengentaskan pengangguran. Investor dari Malaysia banyak menanamkan investasinya dalam industri perkebunan kelapa sawit. Hal ini tentu menguntungkan bagi kedua belah pihak. Selain itu, di Malaysia juga banyak di tempatkannya Tenaga Kerja dari Indonesia yang bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT), petugas medis, pekerja bangunan serta tenaga profesional lainnya.

    BalasHapus
  39. Nama:ILHAM ZAENAL MUTAQIN
    KELAS: X IPS1



    1.Analisis Pengertian Bilateral :

    Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya hubungan di bidang politik, budaya dan ekonomi di antara dua negara.
    Mayoritas hubungan internasional dilakukan secara bilateral.


    2. Menganalisis Kerjasama Bilateral Indonesia dengan Kamboja :

    Hubungan Indonesia dengan Kamboja mengacu pada hubungan bilateral Kerajaan Kamboja dan Republik Indonesia. Kamboja memiliki kedutaan besar di Jakarta, sementara Indonesia memiliki kedutaan besar di Phnom Penh. Sejak hubungan diplomatik dirintis pada tahun 1960 an. Indonesia selalu mendukung perdamaian dan stabilitas di Kamboja. Indonesia menyediakan pasukan untuk Otoritas Transisi PBB di Kamboja pada tahun 1992, dan pada tahun 1999 Indonesia mendukung keanggotaan Kamboja di ASEAN. Kamboja menghargai Indonesia yang secara konsisten telah membantu Kamboja, terutama dalam peningkatan kapasitas.

    Indonesia dan Kamboja sepakat untuk memperat hubungan bilateral kedua negara, khususnya di bidang perdagangan dan investasi, pariwisata dan kerja sama regional.

    BalasHapus
  40. Nama: Cynthia Laurentia Xie-Xie Gurning
    Kelas:X MIPA 3



    1)Analisis pengertian bilateral

    Hubungan bilateral adalah keadaan yang menggambarkan hubungan timbal balik antara kedua belah pihak yang terlibat dan aktor utama dalam pelaksanaan hubungan bilateral itu adalah negara.Bilateralisme menyangkut hubungan atau kebijakan aksi bersama antara dua pihak yang tujuannya saling menguntungkan kedua belah pihak.



    2)Analisis kerjasama bilateral antara Indonesia dengan Korea Selatan

    Pemerintah RI dan pemerintah Korea Selatan telah melaksanakan the 3rd Indonesia-Korea Consular Consultation di Seoul,Korea Selatan,yang membahas agenda terkait kekonsuleran,perlindungan WNI dan permasalahan lainnya.Kemitraan strategis khusus ini menjadikan hubungan kedua negara teraktif dibandingkan dengan hubungan kemitraan Indonesia dengan negara lain sehingga menjadi momentum penting guna mendorong kerjasama yang lebih erat.Kedua negara juga sepakat untuk menyelenggarakan dialog konsuler tahunan yang akan dilaksanakan di Indonesia sebagai tuan rumah the 4th Consular Consultation Indonesia-Korea yang akan dilaksanakan di masa mendatang.

    BalasHapus
  41. Nama:Latifah alawiyah
    Kelas:X mipa 3

    ~Hubungan bilateral merupakan suatu jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Dan biasanya dipakai sebagai sambutan dalam hubungan yang melibatkan hanya dua negara,  secara khusus hubungan politik, ekonomi serta budaya di antara dua negara tersebut.
    Hampir keseluruhan hubungan internasional dilakukan dengan cara bilateral. Sebagai contoh perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, serta kunjungan antar negara.

    ~Kerja sama Indonesia dengan malaysia
    Penelitian ini difokuskan pada peran Organisasi Bilateral Indonesia-Malaysia dalam pembangunan perbatasan dengan mengeksplorasi persoalan-persoalan yang dihadapi oleh Tim Teknis Sosek-Malindo (Organisasi Bilateral Indonesia –Malaysia khususnya dalam isu sosial ekonomi).Organisasi ini sudah berdiri sejak tahun 1985, namun belum dapat berperan secara optimal dalam pembukaan Pos Pemeriksaan Lintas Batas Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang.Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi.Untuk menganalisis data, peneliti mengambil beberapa langkah dimulai dari mengorganisir data mentah sampai dengan menginterpretasikan arti dari ide pokok dan keterangannya. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan stategi validitas yang salah satunya adalah triangulasi sumber data yang berbeda. Berdasarkan berbagai sumber data, peneliti menemukan beberapa faktor seperti : (1) Keberadaan Pos Pemeriksaan Lintas Batas Jagoi Babang belum menjadi prioritas bagi Malaysia karena belum menguntungkan secara sosial ekonomi. (2) Diplomasi yang dilakukan belum optimal. (3) Kurangnya komitmen pemerintah terhadap pembangunan PPLB Jagoi Babang (4) Adanya Outstanding Boundary Problem(OBP). Penelitian ini menyimpulkan, khususnya dalam pembangunan Pos Pemeriksaan Lintas Batas Jagoi Babang, pemerintah harus
    lebih pro aktif dalam menyelesaikan persoalan Outstanding Boundary Problem, berkomitmen dalam mengikuti forum-forum Sosek Malindo, dan pengoptimalkan diplomasi sehingga keberadaan Pos Pemeriksaaan Lintas
    Batas di Jagoi Babang juga dapat menjadi prioritas bagi Malaysia. Penelitian Disertasi ini mengajukan konsep untuk memperkuat kerjasama bilateral dalam Sosek Malindo melalui “ wider participation” yang melibatkan
    NGO’s dan civil society sebagai aktor-aktor penting selain

    BalasHapus
  42. Nama:Latifah alawiyah
    Kelas:X mipa 3

    ~Hubungan bilateral merupakan suatu jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Dan biasanya dipakai sebagai sambutan dalam hubungan yang melibatkan hanya dua negara,  secara khusus hubungan politik, ekonomi serta budaya di antara dua negara tersebut.
    Hampir keseluruhan hubungan internasional dilakukan dengan cara bilateral. Sebagai contoh perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, serta kunjungan antar negara.

    ~Kerja sama Indonesia dengan malaysia
    Penelitian ini difokuskan pada peran Organisasi Bilateral Indonesia-Malaysia dalam pembangunan perbatasan dengan mengeksplorasi persoalan-persoalan yang dihadapi oleh Tim Teknis Sosek-Malindo (Organisasi Bilateral Indonesia –Malaysia khususnya dalam isu sosial ekonomi).Organisasi ini sudah berdiri sejak tahun 1985, namun belum dapat berperan secara optimal dalam pembukaan Pos Pemeriksaan Lintas Batas Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang.Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi.Untuk menganalisis data, peneliti mengambil beberapa langkah dimulai dari mengorganisir data mentah sampai dengan menginterpretasikan arti dari ide pokok dan keterangannya. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan stategi validitas yang salah satunya adalah triangulasi sumber data yang berbeda. Berdasarkan berbagai sumber data, peneliti menemukan beberapa faktor seperti : (1) Keberadaan Pos Pemeriksaan Lintas Batas Jagoi Babang belum menjadi prioritas bagi Malaysia karena belum menguntungkan secara sosial ekonomi. (2) Diplomasi yang dilakukan belum optimal. (3) Kurangnya komitmen pemerintah terhadap pembangunan PPLB Jagoi Babang (4) Adanya Outstanding Boundary Problem(OBP). Penelitian ini menyimpulkan, khususnya dalam pembangunan Pos Pemeriksaan Lintas Batas Jagoi Babang, pemerintah harus
    lebih pro aktif dalam menyelesaikan persoalan Outstanding Boundary Problem, berkomitmen dalam mengikuti forum-forum Sosek Malindo, dan pengoptimalkan diplomasi sehingga keberadaan Pos Pemeriksaaan Lintas
    Batas di Jagoi Babang juga dapat menjadi prioritas bagi Malaysia. Penelitian Disertasi ini mengajukan konsep untuk memperkuat kerjasama bilateral dalam Sosek Malindo melalui “ wider participation” yang melibatkan
    NGO’s dan civil society sebagai aktor-aktor penting selain

    BalasHapus
  43. Nama : Zahwa Tiara Syahidah
    Kelas : X IPS 1

    1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bilateral berarti dari dua belah pihak atau antara dua pihak.

    Bilateral adalah hubungan antara dua negara yang tujuannya saling menguntungkan kedua belah pihak.

    Istilah bilateral biasanya diaplikasikan pada persoalan politik, ekonomi dan keamanan antar dua negara.

    2. Kerjasama bilateral Indonesia dengan suatu negara

    Kerjasamaama Bilateral Indonesia – Korea Selatan di Bidang Politik

    Indonesia dan Korea Selatan merupakan negara yang menganut sistem demokrasi. Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea Selatan dibuka pada tahun 1973, sementara hubungan konsuler dibuka 7 tahun sebelumnya yakni pada tahun 1966. Selama masa itu, telah banyak aktivitas yang dilakukan oleh antara dua negara, dimana bukan hanya sekedar hubungan diplomatik, namun juga melalui kerjasama dalam arus saling menguntungkan. Terlebih lagi kondisi kedua negara, yang sama-sama menganut sistem demokrasi, sehingga tidak sulit jika melakukan hubungan kerjasama. Sesuai dengan sejarahnya berikut tahapan sejarah diplomatik antara Indonesia dan Korea Selatan:
    1. Pada tahun 1949 merupakan pengakuan Negara Republik Indonesia
    2. Pada tahun 1966 hubungan Indonesia dan Korea Selatan terjalin ditingkat konsulat
    3. Pada tahun 1973 hubungan diplomatik di tingkat duta besar terjalin.

    Hubungan kerjasama bilateral memasuki babak baru kemitraan strategis pada tahun 2006 dengan ditandatanganinya: “Joint Declaration on Strategic Partnership to Promote Friendship and Cooperation betwen Republik of Indonesia and Republic of Korea ”.
    Bila kedua negara menjalin hubungan kerjasama maka akan menghasilkan keuntungan bagi kedua negara. Dimana Korea Selatan merupakan negara yang terus berinovasi dalam kemajuan teknologi dan informasi, sumber daya manusia juga manajemen yang berkualitas dan industri maju.
    Sedangkan Indonesia merupakan negara dengan kekayaan melimpah, pasar domestik yang besar dan strategis juga sumber daya manusia yang sedang berkembang. Stabilitas politik (yang relatif rendah) dan upah kerja yang tergolong rendah.
    Dalam hal ini, kedua negara pemimpin baik Indonesia maupun Korea Selatan menyambut baik penandatanganan Persetujuan Pembentukan Komite bersama di bidang e-Government dan reformasi birokrasi.

    Selain itu, Kerjasama Indonesia dan Korea Selatan terkait meningkatnya aksi ancaman lintas Negara telah mempengaruhi kebijakan keamanan dan pertahanan masing-masing negara yang menempatkan sebagai isu keamanan bersama. Bagi Indonesia ancaman keamanan lintas negara telah sangat merugikan kepentingan nasional sehingga merupakan suatu prioritas untuk ditangani, termasuk bekerjasama dengan sejumlah negara sahabat salah satunya Korea Selatan.

    Kunjungan Presiden Korea Selatan, Lee Myung Bak menghasilkan sejumlah kerjasama dalam bentuk Memorandum Of Understanding (MOU) dibidang pendidikan, riset , teknologi, kehutanan, dan saelanjutnya adapula Letter Of Intent (LOI) dibidang pertahanan.Indonesia dan Korea Selatan telah menyepakati sejumlah kerjasama di berbagai sector antaralain pemberantasan korupsi, terorisme dan penanggulangan kejahatan transnasional serta pertahanan.
    Indonesia dan Korea Selatan ini sedang menjalin kerjasama dalam pengembangan pesawat tempur yang dikenal sebgaai Korean Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment (KFX-IFX). Seri KFX-IFX setara dengan jet tempur tipe F-18 Super Hornet, Eurofighter Typhoon, hingga Dessault Rafale.Indonesia memandang proyek ini ialah untuk mengembangkan industri pertahanan Indonesia khususnya Industri Pesawat militernya.

    BalasHapus
  44. Nama: Hendri Dwi Kurniawan
    Kelas: X IPS 1

    1. Pengertian BILATERAL:

    Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara

    2. Menganalisis kerjasama bilateral Indonesia dengan Malaysia

    •Bidang ekonomi
    Banyaknya investor-investor dari Malaysia yang berinvestasi di Indonesia telah membantu pemerintah Indonesia di dalam mengentaskan pengangguran. Investor dari Malaysia banyak menanamkan investasinya dalam industri perkebunan kelapa sawit. Hal ini tentu menguntungkan bagi kedua belah pihak. Selain itu, di Malaysia juga banyak di tempatkannya Tenaga Kerja dari Indonesia yang bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT), petugas medis, pekerja bangunan serta tenaga profesional lainnya

    BalasHapus
  45. Tugas PKN
    Nama: RAIHAN AULIA
    Kelas: x IPS 1

    Hubungan bilateral adalah hubungan antara dua negara yg tujuan nya saling menguntungkan kedua belah pihak.Istilah bilateral biasanya diaplikasi pada persoalan politik,ekonomi dan keamanan antar dua negara.

    Kerjasama antara Indonesia dan Malaysia
    Hubungan antara kerjasama Indonesia dan Malaysia beberapa kali mengalami pasang surut.sebagai dua negara yg bertetangga bahkan sering disebut negara serumpun potensi konflik antar dua negara tersebut besar.
    Hubungan kerjasama dalam bidang pendidikan
    Dalam bidang pendidikan antara Indonesia dan Malaysia menjalin hubungan dengan mengadakan pertukaran pelajar setiap tahun nya

    Dalam bidang Ekonomi
    Banyak investor investor dari Malaysia yg berinvestasi di Indonesia telah membantu pemerintah Indonesia di dalam mengatasi pengangguran.Investasi dari Malaysia banyak menanamkan investasinya dalam industri perkebunan kelapa sawit.

    BalasHapus
  46. Nama:RENDI HARUL RAHMAT
    KELAS:10 IPS 1





    Bilateral, regional dan multilateral adalah jenis-jenis hubungan internasional yang terjalin antarnegara di dunia. Ketiga jenis hubungan ini dibedakan dari jumlah pelaku yang terlibat di dalamnya. Adapun penjelasan masing-masing jenis hubungan internasional tersebut beserta contohnya masing-masing ada pada bagian pembahasan berikut.

    » Pembahasan
    Berikut ini adalah jenis-jenis hubungan internasional:
    Hubungan BIILATERAL, yakni hubungan internasional yang hanya melibatkan dua negara di dalamnya. Sebagai contoh kerja sama Indonesia dan Malaysia, perjanjian Indonesia dengan Amerika Serikat dan lain sebagainya.
    Hubungan REGIONAL adalah hubungan internasional yang melibatkan sejumlah negara yang letak geografisnya berdekatan atau ada dalam kawasan (region) yang sama. Contoh ASEAN.
    Hubungan MULTILATERAL adalah jenis hubungan internasional yang melibatnyan banyak negara di dalamnya. Contoh OPEC, PBB, WTO dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  47. NAMA:SARAH AGRIFAH
    KELAS:X MIPA 3

    ~Hubungan bilateral merupakan suatu jenis hubungan yang melibatkan dua pihak.dan biasanya dipakai sambutan dalam hubungan yang melibatkan hanya dua negara,secara khusus hubungan politik,ekonomi serta budaya diantara dua negara tersebut.Hampir keseluruhan hubungan internasional dilakukan dengan cara bilateral.sebagai contoh perjanjian politik ekonomi, pertukaran tumpang, serta kunjungan antar negara

    ~kerjasama antara Indonesia dan China
    China merupakan negara yang penduduknya terpadat di dunia,sedangkan Indonesia merupakan negara dengan populasi terbesar ke-4 di dunia.Hubungan bilateral antara Indonesia dan China terutama dalam bidang ekonomi saat ini terus meningkatnya nilai jual beli antara Indonesia dan China pada tahun 2008 yang mencapai 31 miliar

    Terdapat 8bidang perjanjian kerjasama yang dilakukan oleh Indonesia dan China
    Terdapat 8 MoU yang ditandatangani, yakni :

    1. Nota kesepahaman kerja sama ekonomi antara Kemenko Perekonomian RI dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT,

    2.Nota kesepahaman kerja sama Proyek Pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung antara Kementerian BUMN dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT.

    3.Nota Kesepahaman kerja sama maritim dan SAR antara Basarnas dan Kementerian Transportasi RRT.

    4. Kerja sama antara Protokol Persetujuan antara Pemerintah RRT dan RI dalam pencegahan pengenaan pajak ganda kedua negara.

    5.Kerangka Kerja Sama Antariksa 2015-2020 antara Lapan dan Lembaga Antariksa RRT.

    6.Nota kesepahaman kerja sama saling dukung antara Kementerian BUMN dan Bank Pembangunan China Pembangunan.

    7.Nota kesepahaman antara pemerintah RRT dan RI dalam pencegahan pengenaan pajak ganda kedua negara
    8.Nota kesepahaman kerja sama bidang industri dan insfratruktur antara kementrian BUMN dan komisi reformasi dan pembagunan nasional RRT.

    Menurut saya dengan adanya hubungan kerjasama yang terjalin antara dua negara ini maka kedua negara akan saling bergantungan satu sama lain baik dari segi ekonomi,poli pol, sosial,budaya,transp transp,telekomunikasi dll dan dapat menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua negara.

    BalasHapus
  48. Nama:albani alfarizq
    Kelas:x mipa3

    ~Hubungan bilateral merupakan suatu jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Dan biasanya dipakai sebagai sambutan dalam hubungan yang melibatkan hanya dua negara,  secara khusus hubungan politik, ekonomi serta budaya di antara dua negara tersebut.
    Hampir keseluruhan hubungan internasional dilakukan dengan cara bilateral. Sebagai contoh perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, serta kunjungan antar negara.

    Contoh kerja sama BILATERAL antara indonesia dengan jepang dalam pendidikan dan kebudayaan

    Jepang merupakan negara yang menyumbang besar dalam pengembangan sumber daya manusia di dunia. Jepang salah satu negara sasaran para pelajar untuk menempuh jenjang pendidikan mereka. Berdasarkan data KBRI Tokyo pada Oktober 2006, banyak mahasiswa yang belajar di Jepang sebanyak 993 orang. Sebagian besarnya merupakan beasiswa Pemerintah Jepang (program beasiswa Monbukagakusho), sisanya merupakan beasiswa Pemerintah Indonesia dan Daerah (OECF/STAID), beasiswa perusahaan swasta, dan keinginan pribadi. Pada tanggal 5 Juli 1963 terbentuk organisasi pelajar Indonesia yang pernah belajar di Jepang bernama Persatuan Alumni Dari Jepang (PERSADA) yang bertujuan untuk membina persatuan dan kesatuan alumni dari Jepang serta untuk membantu pemerintah dalam mensukseskan programnya. Kebanyakan dari mereka mengambil bidang teknik dalam menempuh pendidikannya. Dalam membangun infrastuktur pendidikan, Jepang juga membantu banyak membangun sekolah sekolah di Indonesia.

    Tidak hanya itu pelajar Indonesia yang ingin menempuh pendidikan di Jepang, para pelajar Jepang juga banyak yang tertarik untuk belajar di Indionesia. Ditandai dengan berdirinya Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) di Pondok OWIT (Organisasi Wanita Indonesia Tokyo), Jepang pada 21 April 1962. Diresmikan dengan upacara peringatan hari Kartini oleh Bapak R. Bambang Sugeng, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang. Selain itu, program pertukaran pelajar juga merupakan salah satu hubungan bilateral Indonesia-Jepang dalam bidang pendidikan. Para pelajar bisa mendapatkan ilmu yang berbeda.

    Selain dalam bidang pendidikan, program pertukaran pelajar juga merupakan kerjasama bilateral Indonesia-Jepang dalam bidang kebudayaan. Mereka dapat mengenalkan kebudayaan negara mereka saat pertukaran pelajar. Contohnya Indonesia memperkenalkan budaya tradisioanal seperti tari-tarian, musik tradisional gamelan, makanan tradisional, dll. Jepang juga memperkenalkan seni melipat kertas origami, makanan, dan bahasanya, bahkan beberapa sekolah di Indonesia sebagai salah satu program belajar. Selain pertukaran pelajar, Kebudayaan juga merupakan faktor utama terjadinya hubungan Indonesia-Jepang. Melalui kebudayaan, Indonesia dapat menjagar citra baik dalam hubungan Internasional untuk mencapai tujuan Nasional Indonesia sesuai Pembukaan UUD 1945 alinea 4. 

    BalasHapus
  49. Nama: Annisa Shafa Salsabila
    Kelas: X MIPA 3


    1. Analisis pengertian BILATERAL
    Jawab: Bilateral sendiri berasal dari kata "bi" yang artinya dua, sehingga dapat dikatakan bahwa BILATERAL merupakan kerjasama antar dua negara. Kerjasama bilateral sifatnya jauh lebih pribadi daripada kerjasama lain karena hanya melibatkan dua negara. Tujuannya saling menguntungka kedua belah pihak, yang terdiri dalam bidang ekonomi, politik, militer, teknologi dan transportasi, yang bermanfaat dalam menambah keuntungan negara, mempererat hubungan antar negara, meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.


    2. Menganalisis kerjasama BILATERAL antara Indonesia dengan Jepang
    Jawab: Indonesia melakukan kerjasama dengan pemerintah Jepang. Salah satu kerjasama di bidang TRANSPORTASI. Belum lama Indonesia memiliki kereta cepat seperti Shinkanshen di Jepang. Teknologi yang dicontoh pun juga dari jepang dan teknisi utamanya di datangkan langsung dari Jepang.

    BalasHapus
  50. Nama=intan Pratiwi
    Kelas = x IPS 1

    1.Pengertian bilateral

    .Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara. Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral.

    2.menganalisis kerjasama bilateral indonesia dengan Malaysia

    .Dalam bidang Ekonomi

    Banyak investor investor dari Malaysia yg berinvestasi di Indonesia telah membantu pemerintah Indonesia di dalam mengatasi pengangguran.Investasi dari Malaysia banyak menanamkan investasinya dalam industri perkebunan kelapa sawit.

    BalasHapus
  51. Nama : Qurrota A'yuni
    Kelas : X MIPA 3
    No.absen : 25

    1. Pengertian Bilateral
    Hubungan bilateral merupakan suatu jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Dan biasanya dipakai sebagai sambutan dalam hubungan yang melibatkan hanya dua negara, secara khusus hubungan politik, ekonomi serta budaya di antara dua negara tersebut.

    2. Kerja sama Indonesia dengan Arab Saudi
    Keja sama ekonomi antara Arab Saudi dan Indonesia juga berada dalam sector perdagangan yang mana lebih mengutamakan potensi dari masing-masing negara. Menteri Perdagangan mengatakan jika Indonesia dan Arab Saudi memiliki hubungan kerja sama yang historis dan terjalin cukup lama, sehingga sudah mengetahui bagaimana keadaan masing- masing negara.
    Arab Saudi juga membantu Indonesia dengan memberi kebutuhan minyak yang cukup. Kurang lebih, sebanyak 34 % minyak yang dikonsumsi oleh Indonesia diimpor langsung dari Arab Saudi. Hal tersebut tentu menguntungkan bagi Arab Saudi, namun yang didapat Indonesia dalam kerja sama bilateral ini juga tidak kurang manfaatnya. Selain berinvestaasi, bekerja sama dalam bidang perdagangan, ekspor dan impor, kunjungan Raja Salman membawa dampak positif ke Indonesia
    Dalam hal ini kerjasama Ekonomi Indonesia-Arab Saudi untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan meningkatkan keuntungan kedua negara.

    BalasHapus
  52. Nama:Elsa andimalia putri
    Kelas:X MIPA 3

    1. Kerjasama BILATERAL yaitu kerjasama yang dilakukan antar 2 negara saja.

    2.Hubungan Bilateral Indonesia dan Inggris

    Inggris merupakan salah satu negara monarki di benua Eropa. Hubungan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Inggris banyak terjadi dalam bidang pendidikan dan ekonomi. Pada bidang pendidikan yaitu dengan banyaknya pertukaran pelajar di antara kedua negara ini. Pada bidang ekonomi sendiri, Inggris dan Indonesia banyak memiliki kegiatan ekspor dan impor. Selain itu, terjadi pula investasi dari negara Inggris untuk Indonesia.

    BalasHapus
  53. Nama:LIA WINARTI NURYUFI FAUZIAH
    kelas: X IPS 1

    1 . hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungann yang melibatkan hanya 2 negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 negara.

    2.Hubungan Indonesia dengan Korea Selatan
    adalah hubungan bilateral luar negeri antara  Indonesia  dengan  korea selatan. Kedua negara memiliki visi, nilai, dan keinginan untuk berkontribusi pada komunitas internasional sebagai  kekuatan menengah yang sama.Kedua negara adalah anggota dari  G-20 dan  APEC. Indonesia dan Korea Selatan secara resmi membentuk hubungan diplomatik pada 17 September 1973. Korea Selatan memiliki  kedutaan besar di jakarta dan Indonesia memiliki kedutaan besar  SEOUL
    Menurut jajak pendapat  BBCWorld Service Poll tahun 2014, 48% orang Indonesia menerima pengaruh Korea Selatan dengan positif, dan 27% melihatnya dengan negatif.

    -KERJASAMA MILITER
    Pertumbuhan perdagangan dan investasi yang cepat membuat kedua pemerintahan menyetujui persekutuan strategis pada tahun 2006. Indonesia dan Korea Selatan berinvestasi dalam berbagai proyek pengembangan militer gabungan, termasuk  jet tempur KFX/IFX Perusahaan Korea Selatan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) sudah mencapai tahap akhir negosiasi kontrak untuk memasok Indonesia dengan tiga kapal selam Type-209. Ini akan menjadi transaksi pertahanan bilateral terbesar, dengan nilai US$1,1 miliar

    -EKONOMI
    Pada masa lampau, hubungan kedua negara hanya berkembang di area perdagangan dan investasi seperti sektor. Sekarang kerjasama keduanya sudah berkembang ke berbagai proyek raksasa dan industri canggih. Dengan nilai US$27 miliar dalam perdagangan bilateral, Korea Selatan menjadi rekan dagang terbesar Indonesia keempat pada tahun 2012. Korea Selatan juga menjadi penanam modal asing terbesar ketiga di Indonesia, dengan nilai $1,94 miliar investasi.
    Ada banyak perusahaan Korea Selatan yang menanam modal dan beroperasi di Indonesia seperti Miwon (Daesang Corporation), lotte, Yong Ma, hankook tire, samsung, LG,kia motors  dan  hyundai. Pada tahun 2011, Hankook Tire mengumumkan investasinya sebesar US$353 juta untuk sebuah pabrik produksi yang berlokasi di bekasi,Jawa barat Indonesia.

    -BUDAYA
    Banyak band dan artis Korea Selatan tampil dan mengadakan tur di Indonesia, seperti  SMtown live world tour III dan Musical bank world live Tour dan diterima dengan baik oleh para pendengar di Indonesia. budaya pop korea menginspirasi artis-artis Indonesia, seperti bintang I-POP S4, grup idola Indonesia yang dilatih di Korea, dan juga tampil di Korea Selatan.


    BalasHapus
  54. Nama: Faalikh Mufid Anwaruddin
    Kelas: X MIPA 3
    No.Absen: 16

    1. Hubungan bilateral atau dalam bahasa Inggris “bilateral relations” merupakan jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk mengarah pada hubungan yang melibatkan hanya dua negara.

    Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral. Misalnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran budaya, dan kunjungan antarnegara.

    2. Contohnya, Hubungan bilateral Indonesia dengan negara Norwegia dalam bidang energi telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, sebagai hasil nyata dari perjanjian kerjasama bidang energi yang ditandatangani di Jakarta tanggal 18 September 1995.

    Salah satu contoh dekatnya hubungan antara kedua negara dapat dilihat dari meningkatnya kegiatan seminar dalam bidang peningkatan produksi minyak tahap lanjut ( enhanced oil recovery), dan teknologi laut dalam.

    Indonesia pada saat ini membutuhkan investasi untuk meningkatkan eksplorasi dan produksi migas, serta teknologi baru yang ramah lingkungan.

    Sedangkan Norwegia pada saat ini merupakan penyuplai energi yang dapat diandalkan, yang memfokuskan diri pada kontinuitas produksi energi. Norwegia pada saat ini juga tertarik untuk mengembangkan teknologi baru dalam bidang migas, terutama yang dapat mengurangi dampak negatif pada lingkungan. Pemerintah Norwegia pada saat ini mendukung riset dan pengembangan dengan kalangan industri.

    Salah satu perusahaan Norwegia yang mengadakan kerjasama dengan Pertamina menyatakan bahwa mereka akan berada di Indonesia untuk jangka waktu yang lama. Perusahaan yang bergerak di sektor hulu gas tersebut juga turut menangani energi terbarukan, Carbon Capture and Storage (CCS), dan Clean Development Mechanism (CDM).

    Selain menguntungkan pihak Indonesia, kerja sama ini pun menguntungkan pihak Norwegia karena mereka bisa berinvestasi dan melatih tenaga kerjanya agar lebih profesional.

    BalasHapus
  55. ---Nama : Lusyeana Nur Febiyanti
    ---Kelas: X IPS 2
    ---Tugas:PPKN

    1.) Analisis pengertian Bilateral
    ---hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak, biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara , khususnya suatu hubungan politik,budaya dan ekonomi di antara 2 negara.

    2.) Menganalisis Kerjasama Bilateral Indonesia dengan Singapura :

    ---Singapura adalah negara sahabat dan salah satu negara tetangga terdekat yang memiliki arti penting bagi kepentingan nasional Indonesia maupun kepentingan kawasan.
    Secara fisik geografis, kedua negara mempunyai perbatasan langsung, sehingga mendorong terwujudnya hubungan dan kerja sama dalam bidang politik keamanan, bidang ekonomi, bidang sosial budaya,bidang perlindungan WNI.
    Sejak hubungan diplomatik Indonesia – Singapura secara resmi dibuka pada tingkat Duta Besar, tanggal 7 September 1967, hubungan bilateral kedua negara telah berkembang secara baik, positif, dan konstruktif.
    Sebagai salah satu negara tetangga terdekat hubungan kerja sama antara kedua negara terwujud dalam berbagai bidang kehidupan, terutama yang menonjol adalah dalam bidang ekonomi.
    Singapura merupakan mitra dagang utama, sumber investasi asing terbesar dan juga asal wisatawan asing terbesar bagi Indonesia. Hubungan baik antara kedua negara juga tercermin dari solidaritas pemerintah dan rakyat Singapura membantu Indonesia dalam menangani dampak bencana, seperti tsunami dan gempa, mulai dari tanggap darurat sampai tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.

    BalasHapus
  56. Nama:CITRA NURSYAFITRI
    Kelas:X IPS 2

    1.Analisis pengertian BILATERAL
    -Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi diantara 2 negara.

    2.Menganalisis kerjasama BILATERAL antara Indonesia dengan Prancis

    -Dalam bidang pendidikan
    Dibidang pendidikan, Indonesia dan Prancis menandatangani Joint Working Group (JWG) dalam program Double Degree di tingkat Master (S2), program Joint Supervision ditingkat Doktoral (S 3) antara perguruan tinggi kedua negara yang didanai bersama oleh kedua negara. Jumlah mahasiswa Indonesia saat ini di Prancis tercatat sebesar 425 orang yang tersebar disemua strata.Ini adalah jumlah yangtertinggi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Selain itu, kerjasama dibidang pendidikan menengah kejuruan juga ditandai dengan program magang beberapa guru SMK di Prancis.

    BalasHapus
  57. Nama:Hanna anissa grasella
    Kelas: xips2

    1.Analisis pengertian bilateral ?
    Kerjasama bilateral adalah kerjasama antara 2 negara biasanya dalam bentuk hubungan diplomatik, perdagangan, pendidikan, dan kebudayaan

    2. Menganalisis kerjasama bilateral Indonesia dengan Malaysia?
    Indonesia dan Malaysia bisa jadi merupakan negara yang memiliki hubungan paling unik di kawasan Asia Tenggara. Bagi dua saudara Serumpun yang berhubungan sangat dekat perselisihan pun kadang tak bisa dihindari tetapi Presiden Joko Widodo dan perdana menteri Muhammad Najib dalam keterangan pers bersama di kuching,malaysia Selasa(22/11) menegaskan bahwa kerjasama bilateral tetap kokoh.
    Dalam pertemuan terbatas di kuching itu Presiden Jokowi dan perdana menteri Najib membahas berbagai kerjasama perdagangan antara lain ekspor beras dan kelapa sawit.
    Selain itu Indonesia dan Malaysia yang masing-masing merupakan produsen minyak kelapa sawit nomor 1 dan nomor dua di dunia baru saja membentuk Dawan negara-negara produsen minyak kelapa sawit( Council of plam oil producing countries)CPOPC. Pertemuan pertama dewan ini sudah dilangsungkan di Jakarta November lalu.
    "Kita harus bersatu melawan kampanye hitam terhadap kelapa sawit" kata Presiden Jokowi menegaskan yang disambut baik Perdana Menteri Najib angka perdagangan kedua negara meningkat sebagian lebih dari 21% pada semester pertama tahun 2017.

    BalasHapus
  58. Nama:Nayla Aklimatus Syifa
    Kelas:X mipa3

    1.pengertian bilateral
    Hubungan bilateral ( bilateral relations atau bilateralism) adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral. Misalnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antarnegara. Alternatif dari hubungan bilateral adalah hubungan multilateral; yang melibatkan banyak negara, dan unilateral; ketika satu negara berlaku semaunya (freewill).

    2. Kerjasama bilateral Indonesia dengan China
    Perdagangan internasional pada zaman yang serba cepat ini secara tidak langsung mendorong terjadinya globalisasi. Globalisasi ini terjadi seiring berkembangnya zaman ditandai dengan berkembangnya inovasi baru mengenai teknologi informasi, politik, keuangan, perdagangan serta investasi. Ini merupakan salah satu modal yang penting bagi suatu negara untuk menarik investor agar mau masuk dan berinvestasi di negara tersebut. Hubungan kerjasama ini dapat terjalin apabila mendapat dukungan baik dari berbagai sisi baik dari aspek ekonomi, politik, sosial, budaya dan lingkungan di dalam sebuah negara maka, bukan masalah yang besar bagi suatu negara untuk mengembangkan perekonomian negara tersebut ke arah yang lebih baik.
    Terdapat 8 bidang Perjanjian kerjasama yang dilakukan oleh Indonesia dan China.

    BalasHapus
  59. Nama : Helmi Pranadya Hermon
    Kelas : X IPS 1

    - Analisis pengertian bilateral -

    BILATERAL adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.

    - Menganalisis Kerjasama Bilateral Indonesia dengan Australia -

    Hubungan Indonesia-Australia telah terjalin sejak awal kemerdekaan Indonesia. Australia merupakan salah satu negara yang memberikan dukungan politis terhadap perjuangan rakyat dan bangsa Indonesia meraih kemerdekaannya. Australia juga merupakan salah satu negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

    Berbagai interaksi yang melibatkan menteri maupun pejabat kedua negara menunjukkan luasnya cakupan hubungan, kerja sama, dan kemitraan Indonesia dan Australia, termasuk di bidang ekonomi, pertahanan, hukum, pendidikan, pertanian, transportasi, maupun bidang-bidang lainnya.
     
    Dalam bidang ekonomi, perdagangan dan investasi kedua negara terus meningkat, dengan nilai perdagangan pada tahun 2013 tercatat mencapai US$ 11 milyar Saat ini kedua negara tengah membahas Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership (IACEPA) yang diharapkan akan menjadi kerangka bagi pengembangan dan perluasan hubungan ekonomi kedua negara.

    Selain dalam kerangka bilateral, hubungan Indonesia-Australia juga terjalin dalam berbagai forum regional dan global. Kemitraan Indonesia dalam forum seperti ASEAN Plus, ARF, EAS, IORA, Bali Process, APEC, G20, dan PBB telah menunjukkan kontribusi kedua negara dalam upaya mewujudkan perdamaian dan kemakmuran kawasan dan global.

    BalasHapus
  60. Nama : AISYAH INDAH FEBRIYANTI
    Kelas : X IPA 3

    1. bilateral adalah situasi di mana dua negara atau organisasi memiliki perjanjian perdagangan atau bekerja bersama untuk mencapai sesuatu.

    2. Indonesia dan Inggris merayakan 70 tahun hubungan diplomatik tahun 2019. Ini adalah saat yang tepat untuk meningkatkan kerjasama bilateral kedua negara. Komitmen kedua negara ditandai dengan dilaksanakannnya Forum Kemitraan kedua negara pada bulan Juni 2019.

    Salah satu bidang kerjasama yang mendapat perhatian kedua negara melalui Forum Kemitraan adalah Dialog Pertahanan Bersama RI-Inggris, yang membuka jalan bagi hubungan yang lebih erat dalam bidang pertahanan antara Inggris dan Indonesia. TNI yang juga merayakan ulang tahun ke-74 pada tahun ini, merupakan mitra yang dapat diandalkan oleh Inggris khususnya dalam upaya menjaga kemanan dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik dan dunia pada umumnya. TNI saat ini terus melakukan modernisasi dan menjadi kekuatan pertahanan yang profesional.

    Berbagai aspek kerjasama diatas dapat dilakukan secara bilateral antara Indonesia dan Inggris. Namun, Dubes Rizal Sukma menegaskan perlunya untuk juga bekerjasama secara lebih erat dalam kerangka ASEAN-UK.

    Dalam bidang politik, Richard Graham, MP mengungkapkan kerjasama Indonesia dan Inggris bekerjasama dengan baik dalam hal pencapaian UN Sustainable Goals dan saling dukung dalam pencalonan Dewan Keamanan PBB.

    Di bidang kebudayaan, Pak Richard menyatakan kebahagiaannya melihat bahwa beberapa kegiatan pagelaran seni dan budaya Indonesia sudah menjadi semacam agenda tahunan yang ditunggu-tunggu oleh publik Inggris seperti Indonesia Weekend dan pagelaran seni-budaya lainnya. Melalui kegiatan-kegiatan ini, seni musik gamelan dan angklung semakin mendapat tempat di hati publik Inggris sebagai instrumen musik yang harmonis dan menyenangkan.

    Dalam bidang ekonomi dan perdagangan, Pak Richard melihat peluang yang masih terbuka bagi pengembangan dan peningkatan hubungan kedua negara. Untuk itu, sebagai Utusan PM Inggris untuk urusan Perdagangan dengan Indonesia dan Masyarakat Ekonomi ASEAN, ia mendorong para pejabat Kementerian Perdangangan Internasional Inggris dan Kementerian Luar Negeri Inggris yang juga hadir pada acara resepsi diplomatik malam itu untuk meningkatkan kerjasama dengan mitranya dari Indonesia.

    BalasHapus
  61. Nama : Adinda Syifa Mutiara
    Kelas : X MIPA 1

    Pengertian Bilateral
    →Bilateral merupakan jenis kerjasama yang terdiri dari dua negara. Pada umumnya hubungan bilateral yang terjalin antara kedua negara yang berbeda adalah dibidang politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara yang menjalin hubungan bilateral. 


    Kerjasama Bilateral antara Indonesia dengan negara yang lain
    →Hubungan Bilateral Antara Indonesia dan Inggris

    Hubungan kerja sama bilateral yang terjalin antara Indonesia dan Inggris berkenaan dengan bidang pendidikan dan ekonomi. Pada bidang pendidikan yaitu dengan banyaknya pertukaran pelajar di antara kedua negara tersebut. Dan pada bidang ekonomi, Inggris dan Indonesia banyak memiliki kegiatan ekspor dan impor, selain itu juga, terjadi pula investasi dari negara Inggris untuk Indonesia.

    BalasHapus
  62. Nama:Annisa suci nurhidayah
    Kelas:X Mipa 2

    1. Analisis pengertian BILATERAL

    Bilateral adalah hubungan antara dua negara yang tujuannya saling menguntungkan kedua belah pihak. Istilah bilateral biasanya diaplikasikan pada persoalan politik, ekonomi dan keamanan antar dua negara.

    2. Menganalisis kerjasama BILATERAL antara indonesia dengan jepang

    program pertukaran pelajar merupakan kerjasama bilateral Indonesia-Jepang dalam bidang kebudayaan. Mereka dapat mengenalkan kebudayaan negara mereka saat pertukaran pelajar. Contohnya Indonesia memperkenalkan budaya tradisioanal seperti tari-tarian, musik tradisional gamelan, makanan tradisional, dll. Jepang juga memperkenalkan seni melipat kertas origami, makanan, dan bahasanya, bahkan beberapa sekolah di Indonesia sebagai salah satu program belajar. Selain pertukaran pelajar, Kebudayaan juga merupakan faktor utama terjadinya hubungan Indonesia-Jepang. Melalui kebudayaan, Indonesia dapat menjagar citra baik dalam hubungan Internasional untuk mencapai tujuan Nasional Indonesia sesuai Pembukaan UUD 1945 alinea 4.

    BalasHapus
  63. Nama : Sarah Dwi Anggraini

    Kelas : X IPS 2

    1. Pengertian BILATERAL

    Bilateral adalah hubungan antara dua negara yang tujuannya saling menguntungkan kedua belah pihak.

    Istilah bilateral biasanya diaplikasikan pada persoalan politik, ekonomi dan keamanan antar dua negara.

    2. Menganalisis kerjasama bilateral antara Indonesia dengan salah satu negara.Dan tulis hubungan bilateral tersebut di bidang apa dan menghasilkan apa!

    Hubungan bilateral Indonesia-Jepang tercermin dengan berbagai perjanjian yang ditandangani oleh kedua pemerintah. Hal ini dilakukan untuk mempererat kerjasama kedua negara dalam berbagai bidang. Contohnya dibidang Pendidikan dan sosial budaya.

    Jepang salah satu negara sasaran para pelajar untuk menempuh jenjang pendidikan mereka. Berdasarkan data KBRI Tokyo pada Oktober 2006, banyak mahasiswa yang belajar di Jepang sebanyak 993 orang. Sebagian besarnya merupakan beasiswa Pemerintah Jepang (program beasiswa Monbukagakusho), sisanya merupakan beasiswa Pemerintah Indonesia dan Daerah (OECF/STAID), beasiswa perusahaan swasta, dan keinginan pribadi. Pada tanggal 5 Juli 1963 terbentuk organisasi pelajar Indonesia yang pernah belajar di Jepang bernama Persatuan Alumni Dari Jepang (PERSADA) yang bertujuan untuk membina persatuan dan kesatuan alumni dari Jepang serta untuk membantu pemerintah dalam mensukseskan programnya. Kebanyakan dari mereka mengambil bidang teknik dalam menempuh pendidikannya. Dalam membangun infrastuktur pendidikan, Jepang juga membantu banyak membangun sekolah - sekolah di Indonesia.

    Tidak hanya itu pelajar Indonesia yang ingin menempuh pendidikan di Jepang, para pelajar Jepang juga banyak yang tertarik untuk belajar di Indionesia. Ditandai dengan berdirinya Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) di Pondok OWIT (Organisasi Wanita Indonesia Tokyo), Jepang pada 21 April 1962. Diresmikan dengan upacara peringatan hari Kartini oleh Bapak R. Bambang Sugeng, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang. Selain itu, program pertukaran pelajar juga merupakan salah satu hubungan bilateral Indonesia-Jepang dalam bidang pendidikan. Para pelajar bisa mendapatkan ilmu yang berbeda.

    Selain dalam bidang pendidikan, program pertukaran pelajar juga merupakan kerjasama bilateral Indonesia-Jepang dalam bidang kebudayaan. Mereka dapat mengenalkan kebudayaan negara mereka saat pertukaran pelajar. Contohnya Indonesia memperkenalkan budaya tradisioanal seperti tari-tarian, musik tradisional gamelan, makanan tradisional, dll. Jepang juga memperkenalkan seni melipat kertas origami, makanan, dan bahasanya, bahkan beberapa sekolah di Indonesia sebagai salah satu program belajar. Selain pertukaran pelajar, Kebudayaan juga merupakan faktor utama terjadinya hubungan Indonesia-Jepang. Melalui kebudayaan, Indonesia dapat menjagar citra baik dalam hubungan Internasional untuk mencapai tujuan Nasional Indonesia sesuai Pembukaan UUD 1945 alinea 4.

    BalasHapus
  64. Nama : SYAMIRA KHAERUNISA PUTRI
    kelas : 10 MIPA 2

    BILATERAL adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya, dan ekonomi di antara 2 Negara.

    Brunei-Indonesia mengacu pada hubungan bilateral antara Kesultanan Brunei Darussalam dan Republik Indonesia. Brunei memiliki kedutaan besar di Jamarta, sementara Indonesia memiliki kedutaan besar di Bandar Seri Begawan, Meskipun tidak berbagi perbatasan darat secara langsung, Indonesia dan Brunei berbagi pulau Kalimantan. Karena hubungan diplomatik yang dibangun kembali pada tahun 1984, kedua negara menikmati hubungan yang hangat dan ramah.

    Hubungan Brunei dengan Indonesia adalah Hubungan keseluruhan antara kedua negara berjalan dengan baik dan bahwa kedua belah pihak terus menikmati hubungan yang kuat dalam spektrum yang luas dari kerjasama operasi; termasuk
    - - perdagangan dan investasi, pariwisata, pertanian, kelautan dan perikanan, kesehatan, pertahanan, kejahatan transnasional, pendidikan, kepemudaan, kebudayaan dan kontak orang per orang.
    -
    - - Brunei dan Indonesia menghasilkan Nilai total perdagangan antara Indonesia dan Brunei Darussalam pada tahun 2008 mencapai US$ 2,476 milyar, naik dari total perdagangan tahun 2007, yaitu sejumlah US$ 1,9 milyar. Pertumbuhan pendapatan kedua negara karena hubungan yang terjalin terus meningkat setiap tahunnya. Diatas 10% setiap tahunnya.

    BalasHapus
  65. 1.Pengertian Bilateral

    Hubung bilateral (Inggris: bilateral relations atau bilateralism) adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.

    Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral. Misalnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antarnegara. Alternatif dari hubungan bilateral adalah hubungan multilateral; yang melibatkan banyak negara, dan unilateral; ketika satu negara berlaku semaunya (freewill).

    Hubungan bilateral atau multilateral juga berlaku untuk Negara yang bekerjasama dengan sebuah Organisasi besar dunia dalam berbagai bidang. contoh: Spt Indonesia dengan PBB, Indonesia dgn OKI (Organisasi kerjasama Islam), Asia pasific economic community (APEC) DSB. Tidak menutup kemungkinan dimasa mendatang akan terjalin hubungan hubungan baru.

    2. Menganalisis kerja sama Bilateral antara Indonesia dengan salah satu negara

    Dalam menjalin hubungan bilateral, Indonesia selalu mempromosikan bentuk kehidupan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai sebagai berikut:

    Saling menghormati
    Tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain
    Penolakan penggunaan kekerasan
    Konsultasi dan mengutamakan konsensus dalam proses pengambilan keputusan
    Saat ini Indonesia telah menjalin kerja sama bilateral dengan 162 negara serta satu teritori khusus yang berupa non-self governing territory.

    Beberapa contoh kerja sama bilateral yang dilakukan Indonesia yaitu:

    Kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan Jepang
    Kerja sama pendidikan antara Indonesia dengan Korea Selatan
    Kerja sama perdagangan antara Indonesia dengan Cina
    Kerja sama bidang pertanian antara Indonesia dan Thailand.

    BalasHapus
  66. Nama: Mayla Fifa Zamdzif
    Kelas: X IPA 2


    ¦ Analisis Pengertian Bilateral ¦

    Bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya, pertahanan dan ekonomi di antara 2 Negara. Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral.


    ¦ Menganalisis Kerjasama Bilateral Indonesia dengan Jepang dalam bidang Pendidikan dan Kebudayaan ¦

    Hubungan bilateral Indonesia dengan Jepang ada sejak penandatanganan Perjanjian Perdamaian pada 20 Januari 1958 didorong oleh beberapa faktor. Salah satunya Jepang ingin membantu Indonesia memulihkan stabilitas politik dan bergeraknya kembali roda perekonomian Indonesia setelah masa reformasi. Hubungan bilateral Indonesia-Jepang tercermin dengan berbagai perjanjian yang ditandangani oleh kedua pemerintah. Hal ini dilakukan untuk mempererat kerjasama kedua negara dalam berbagai bidang. Contohnya dibidang Pendidikan dan sosial budaya.

    Jepang merupakan negara yang menyumbang besar dalam pengembangan sumber daya manusia di dunia. Jepang salah satu negara sasaran para pelajar untuk menempuh jenjang pendidikan mereka. Berdasarkan data KBRI Tokyo pada Oktober 2006, banyak mahasiswa yang belajar di Jepang sebanyak 993 orang. Sebagian besarnya merupakan beasiswa Pemerintah Jepang (program beasiswa Monbukagakusho), sisanya merupakan beasiswa Pemerintah Indonesia dan Daerah (OECF/STAID), beasiswa perusahaan swasta, dan keinginan pribadi. Pada tanggal 5 Juli 1963 terbentuk organisasi pelajar Indonesia yang pernah belajar di Jepang bernama Persatuan Alumni Dari Jepang (PERSADA) yang bertujuan untuk membina persatuan dan kesatuan alumni dari Jepang serta untuk membantu pemerintah dalam mensukseskan programnya. Kebanyakan dari mereka mengambil bidang teknik dalam menempuh pendidikannya. Dalam membangun infrastuktur pendidikan, Jepang juga membantu banyak membangun sekolah sekolah di Indonesia.


    Tidak hanya itu pelajar Indonesia yang ingin menempuh pendidikan di Jepang, para pelajar Jepang juga banyak yang tertarik untuk belajar di Indionesia. Ditandai dengan berdirinya Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) di Pondok OWIT (Organisasi Wanita Indonesia Tokyo), Jepang pada 21 April 1962. Diresmikan dengan upacara peringatan hari Kartini oleh Bapak R. Bambang Sugeng, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang. Selain itu, program pertukaran pelajar juga merupakan salah satu hubungan bilateral Indonesia-Jepang dalam bidang pendidikan. Para pelajar bisa mendapatkan ilmu yang berbeda.

    Selain dalam bidang pendidikan, program pertukaran pelajar juga merupakan kerjasama bilateral Indonesia-Jepang dalam bidang kebudayaan. Mereka dapat mengenalkan kebudayaan negara mereka saat pertukaran pelajar. Contohnya Indonesia memperkenalkan budaya tradisioanal seperti tari-tarian, musik tradisional gamelan, makanan tradisional, dll. Jepang juga memperkenalkan seni melipat kertas origami, makanan, dan bahasanya, bahkan beberapa sekolah di Indonesia sebagai salah satu program belajar. Selain pertukaran pelajar, Kebudayaan juga merupakan faktor utama terjadinya hubungan Indonesia-Jepang. Melalui kebudayaan, Indonesia dapat menjagar citra baik dalam hubungan Internasional untuk mencapai tujuan Nasional Indonesia sesuai Pembukaan UUD 1945 alinea 4. 

    BalasHapus
  67. Nama: Ilham Saputra
    Kelas : X IPS 2

    1.Analisis pengertian BILATERAL
    Hubungan bilateral adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara. Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral.

    2.Menganalisis kerjasama BILATERAL antara Indonesia dengan satu negara
    Perdagangan

    Bagi Indonesia, Jepang merupakan negara mitra dagang terbesar dalam hal ekspor-impor Indonesia. Ekspor Indonesia ke Jepang bernilai US$ 23.6 milyar (statistic Pemerintah RI), sedangkan impor Indonesia dari Jepang adalah US$ 6.5 milyar sehingga bagi Jepang mengalami surplus besar impor dari Indonesia (tahun 2007)

    Komoditi penting yang diimpor Jepang dari Indonesia adalah a.l. minyak, gas alam cair, batubara, hasil tambang, udang, pulp, tekstil dan produk tekstil, mesin, perlengkapan listrik, dll. Di lain pihak, barang-barang yang diekspor Jepang ke Indonesia meliputi mesin-mesin dan suku-cadang, produk plastik dan kimia, baja, perlengkapan listrik, suku-cadang elektronik, mesin alat transportasi dan suku-cadang mobil.


    Investasi

    Investasi langsung swasta dari Jepang ke Indonesia yang menurun sehubungan dengan stagnasi yang dialami perekonomian Indonesia akibat krisis ekonomi yang melanda Asia pada tahun 1997, kini belumlah pulih sepenuhnya, namun Jepang tetap menempati kedudukan penting di antara negara-negara yang berinvestasi di Indonesia.
    Dalam jumlah investasi langsung asing di Indonesia dari tahun 1967 hingga 2007, Jepang menduduki tempat pertama dengan angka 11,5% dalam kesuluruhannya.

    Terdapat kurang lebih 1000 perusahaan Jepang beroperasi di Indonesia (sumber: JETRO). Perusahaan-perusahaan tersebut memperkerjakan lebih dari 32 ribu pekerja Indonesia yang menjadikan Jepang sebagai negara penyedia lapangan kerja nomor 1 di Indonesia (sumber: BKPM).


    Kerjasama Ekonomi

    Indonesia merupakan negara penerima ODA (bantuan pembangunan tingkat pemerintah) terbesar dari Jepang (berdasarkan realisasi netto pembayaran pada tahun 2005 adalah US$1.22 milyar, yaitu + 17% dari seluruh ODA yang diberikan Jepang)
    Selain itu, realisasi bantuan untuk tahun 2006 adalah :
    Pinjaman Yen : 125.2 milyar Yen
    Bantuan hibah : 5.4 milyar Yen
    (berdasarkan pertukaran Nota-nota)
    Kerjasama teknik : 7.8 miliar Yen
    (berdasarkan realisasi pembiayaan JICA)


    Lain-lain
    Setelah mulainya pemerintahan Yudhoyono, telah dibentuk forum Investasi bersama tingkat tinggi pemerintah-swasta antara Jepang dan Indonesia.
    Berdasarkan saran dan dialog yang sejak dulu diadakan antara Japan Club dan pemerintah Indonesia, pada bulan Juni 2005 pada kesempatan kunjungan Presiden Yudhoyono ke Jepang, telah berhasil disetujui SIAP, yaitu rencana strategis investasi yang meliputi 5 pokok, yaiitu masalah bea, customs, tenaga kerja, infrastruktur dan daya saing.
    Perundingan resmi “Economic Partnersip Agreement antara Indonesia dan Jepang (EPA)” disetujui oleh pemerintah Indonesia dan Jepang pada waktu Presiden SBY berkunjung ke Jepang dengan resmi pada bulan Juni 2005, setelah itu Presiden SBY dan Mantan Perdana Menteri Jepang, Mr.Abe menandatangani surat persetujuan EPA pada tgl 20 Agustus 2007. Melalui EPA yang telah berlaku efektif dan mulai diimplementasikan pada tanggal 1 Juli 2008 ini, diharapkan perdagangan dan investasi antara kedua Negara dapat meningkat dan semakin berkembang.

    BalasHapus
  68. Nama: RafliHandi
    Kelas:X IPS 1



    Hubungan bilateral adalah hubungan antara dua negara yg tujuan nya saling menguntungkan kedua belah pihak.Istilah bilateral biasanya diaplikasi pada persoalan politik,ekonomi dan keamanan antar dua negara.



    Pokok Bahasan Kerjasama Bilateral

    Mengenai isi kerjasama antar negara, sebenarnya hal ini tidak bisa dibakukan karena isi perjanjian atau kerjasama merupakan hak dari pihak yang melakukan kerjasama. Dan masing- masing kerjasama internasional pun memiliki bidangnya masing- masing, terlebih untuk kerjasama bilateral. Namun biasanya ada beberapa poin yang menjadi tujuan dalam kerjasama antar negara, khususnya kerjasama bilateral. Beberapa bidang yang biasanya menjadi tujuan kerjasama bilateral antara lain sebagai berikut.



    Bidang Ekonomi

    Kerjasama bilateral yang dilakukan oleh dua negara kebanyakan bergerak dalam bidang ekonomi. Tidak dipungkiri bahwa perekonomian memegang peranan yang sangat penting. Kerjasama bilateral di bidang ekonomi ini contohnya dalam bidang perdagangan, ataupun investasi.



    Bidang Politik

    Selain dalam bidang ekonomi, kerjasama bilateral juga banyak yang bergerak dalam bidang politik. Bidang politik sangat erat kaitannya dengan pemerintahan. Indonesia pun juga melakukan kerjasama di bidang politik dengan negara lain.

    BalasHapus
  69. Nama:Amanda Octavia Ramadhani
    Kelas:XIPS2

    1.Analisis pengertian Bilateral
    Bilateral adalah hubungan antara dua negara yang tujuannya saling menguntungkan kedua belah pihak. Istilah bilateral biasanya diaplikasikan pada persoalan politik, ekonomi dan keamanan antar dua negara. Dapat terjadi bila kedua negara memiliki hubungan diplomatik dan saling menempatkan wakilnya di tiap-tiap negara.

    2.menganalisis kerjasama BILATERAL anatara Indonesia dengan Jepang.
    Hubungan Bilateral Indonesia - Jepang dalam Pendidikan dan Kebudayaan


    Hubungan bilateral adalah hubungan internasional yang dilakukan oleh dua negara. Contohnya hubungan bilateral Indonesia-Jepang. Hubungan bilateral Indonesia dengan Jepang ada sejak penandatanganan Perjanjian Perdamaian pada 20 Januari 1958 didorong oleh beberapa faktor. Hubungan bilateral Indonesia-Jepang tercermin dengan berbagai perjanjian yang ditandangani oleh kedua pemerintah.

    Jepang merupakan negara yang menyumbang besar dalam pengembangan sumber daya manusia di dunia. Berdasarkan data KBRI Tokyo pada Oktober 2006, banyak mahasiswa yang belajar di Jepang sebanyak 993 orang. Sebagian besarnya merupakan beasiswa Pemerintah Jepang (program beasiswa Monbukagakusho), sisanya merupakan beasiswa Pemerintah Indonesia dan Daerah (OECF/STAID), beasiswa perusahaan swasta, dan keinginan pribadi. Pada tanggal 5 Juli 1963 terbentuk organisasi pelajar Indonesia yang pernah belajar di Jepang bernama Persatuan Alumni Dari Jepang (PERSADA) yang bertujuan untuk membina persatuan dan kesatuan alumni dari Jepang serta untuk membantu pemerintah dalam mensukseskan programnya.

    Selain itu, program pertukaran pelajar juga merupakan salah satu hubungan bilateral Indonesia-Jepang dalam bidang pendidikan. Para pelajar bisa mendapatkan ilmu yang berbeda.

    Mereka dapat mengenalkan kebudayaan negara mereka saat pertukaran pelajar. Contohnya Indonesia memperkenalkan budaya tradisioanal seperti tari-tarian, musik tradisional gamelan, makanan tradisional, dll. Jepang juga memperkenalkan seni melipat kertas origami, makanan, dan bahasanya, bahkan beberapa sekolah di Indonesia sebagai salah satu program belajar. Selain pertukaran pelajar, Kebudayaan juga merupakan faktor utama terjadinya hubungan Indonesia-Jepang.

    BalasHapus

  • Blogger news

  • Categories

  • Blogroll

  • About